UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI TAYANGAN TELEVISI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ULUMUDDIN DESA GODONG KECAMATAN GUDO KABUPATEN JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirurodliyah, Khoirurodliyah (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI TAYANGAN TELEVISI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ULUMUDDIN DESA GODONG KECAMATAN GUDO KABUPATEN JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penyajian materi yang kurang variatif, terkadang dapat mengakibatkan siswa merasa jenuh dan tidak bersemangat belajar. Dan jika siswa kurang antusias dan motivasinya rendah maka dimungkinkan proses belajar mengajar tidak akan berjalan secara optimal dan tujuan pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik.Salah satu upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan memberikan sentuhan variatif terhadap pengajaran di kelas. Termasuk pada bidang studi bahasa Indonesia. Namun selama ini mata pelajaran tersebut cenderung diremehkan karena beberapa siswa menganggap pelajaran bahasa Indonesia lebih mudah karena telah menjadi bahasa sehari hari. Fenomena ini juga dialami oleh siswa-siswi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ulumuddin desa Godong Gudo Jombang. Padahal kenyataan dikelas siswa siswi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ulumuddin desa Godong Gudo Jombang mengalami beberapa kesulitan pada mata pelajaran bahasa Indonesia utamanya pada Standar Kompetensi Mengidentifikasi unsur cerita ( tokoh,tema, latar, amanat).
Melihat penyebab kesulitan di atas, maka perlu dicari alternatif pemecahannya, baik dari segi motivasi maupun proses pembelajarannya. Maka alternatif pemecahan yang diambil adalah memperbaiki proses pembelajaran di kelas termasuk memberikan motivasi dan metode yang digunakan. Adapun metode yang penulis gunakan adalah dengan memberikan motivasi berupa mengaitkan mata pelajaran dengan apa yang mereka sukai yaitu tayangan sinetron anak di televisi. Pelaksanaan tindakan dilakukan melalui dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Dari hasil refleksi tersebut digunakan sebagai acuan untuk pelaksanaan siklus berikutnya.
Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa siswa siswi MI Ulumuddin termotivasi untuk belajar bahasa Indonesia utamanya Standar Kompetensi Mengidentifikasi unsur cerita ( tokoh,tema, latar, amanat.) ketika dikaitkan dengan tayangan televisi berupa sinetron anak yang mereka tonton.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Badaruddin ,M.Pd.I
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirurodliyah, KhoirurodliyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Tayangan Televisi, motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 03:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

View Item View Item