STUDI ANALISIS TERHADAP PUTUSAN PA SURABAYA NOMOR 3862 PDT G PA SBY TENTANG PEMBATALAN IKRAR WAKAF

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maliki, Muh. Bahrudin al (2013) STUDI ANALISIS TERHADAP PUTUSAN PA SURABAYA NOMOR 3862 PDT G PA SBY TENTANG PEMBATALAN IKRAR WAKAF. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Kepastian hukum dari suatu akad perwakafan adalah suatu keniscayaan sebagai jaminan bahwa telah terjadi suatu peristiwa hukum perwakafan. Diantara wujud kepastian hukum itu adalah adanya bukti pencatatan (bukti tertulis) dalam sebuah akta otentik. Dalam konsepsi Al Quran surat alBaqarah ayat 282, secara umum ditegaskan bahwa untuk menjamin kepastian hukum suatu akad (transaksi) muamalah harus dilakukan pencatatan yang posisinya lebih didahulukan daripada kesaksian. Dalam UU No 41 tahun 2004 tentang wakaf pasal 3 dijelaskan bahwa Wakaf yang telah diikrarkan tidak dapat dibatalkan. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab bagaimana kesesuaian Pembatalan Ikrar Wakaf Putusan Nomor 3862 Pdt G 2010 PA Sby dalam Hukum Islam.
Data penelitian dihimpun melalui dokumen yang berupa salinan putusan Nomor 3862 Pdt G 2010 PA Sby dan wawancara secara langsung dengan hakim yang mengadili perkara tersebut serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat dan Selanjutnya
dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif.
Adapun hasil penelitian penulis menunjukan bahwa dalam putusan Pengadilan Agama Surabaya Nomor 3862 Pdt G 2010 PA Sby, Majlis Hakim mempunyai pertimbangan, Pertama nadzir dalam pembuatan dan memproses Akta Ikrar Wakaf menggunakan, wakif baru ? dari salah satu ahli warisnya. Kedua, nadzir dalam mengelola benda wakaf telah mengalihkan peruntukan atau manfaatannya. Ketiga, Nadzir dalam memproses akta ikrar wakaf tersebut, tidak melakukan, Isbat Wakaf ? di Pengadilan Agama.
Ditinjau dari Hukum Islam Keputusan Pengadilan Agama Surabaya dalam memutus sengketa wakaf yang berakibat dibatalkan Akta Ikrar Wakaf Nomor BA 03 1 99 III 2009 tanggal 17 Maret 2009 dan Ikrar Wakaf tanggal 17 Maret 2009 dan Surat Pengesahan Nadir Nomor BA 03 1 99 III 2009 tanggal 17 Maret 2009 yang dibuat Kantor Urusan Agama Kecamatan Tambaksari, sangat relevan (sesuai) dengan Hukum Islam. Meskipun pada dasarnya dalam pertimbangan hukumnya, majelis hakim kurang memperhatikan ketentuan hukum acara umum yang berlaku dan diterapkan selama ini. Pertimbangan hakim yang berupa permohonan (volunteir) Isbat wakaf, belum memiliki dasar yuridis yang jelas dan pasti, kecuali berbentuk penafsiran, hal tersebut tidak sesuai dengan hukum acara, karena kewenangan absolute pengadilan agama tentang sengketa wakaf hanya ada gugatan (contentiuse). Jadi, menurut penulis harus ada aturan baru yang mengatur kewenangan kompetensi absolut Pengadilan Agama mengenai Isbat Wakaf. Hasil keputusan tersebut merupakan langkah maju dalam rangka memberi kepastian hukum untuk wakaf yang belum di kukuhkan dalam suatu fakta otentik dan jaminan agar tidak dilakukan penyelewengan atau penyerobotan tanpa hak.
Dengan demikian, diperlukan suatu pemahaman hukum yang tepat dan benar untuk merumuskan landasan yuridis formil perkara itsbat wakaf agar tercipta kesamaan persepsi, baik dalam teori maupun aplikasinya, terutama bagi praktisi hukum di pengadilan agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Mardjudi, S.H, M.H.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maliki, Muh. Bahrudin alUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Wakaf
Uncontrolled Keywords: putusan pa, pembatalan ikrar wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 21 Apr 2015 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11265

Actions (login required)

View Item View Item