PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI PERISTIWA PENTING DI LINGKUNGAN KELUARGA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE OUTBOND DI KELAS 1 SEMESTER II MI AL-MUNIROH IV UJUNGPANGKAH GRESIK

Wutsqo, Urwatil (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI PERISTIWA PENTING DI LINGKUNGAN KELUARGA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE OUTBOND DI KELAS 1 SEMESTER II MI AL-MUNIROH IV UJUNGPANGKAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu : Bagaimana proses serta pengaruh Metode Outbond terhadap peningkatan kemampuan menceritakan peristiwa penting yang dialami di lingkungan keluarga siswa kelas I MI Al-Muniroh IV Pangkah Wetan Ujungpangkah Gresik? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, dan observasi beserta sumber yang terkait dengan masalah. Penelitian ini menggunakan proses siklus sebagai tahapannya, yaitu meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus 1 dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Hasil penelitian ini menyimpulkan, dari proses siklus persiklus telah ditemukan peningkatan keterampilan bercerita peristiwa penting yang dialami di lingkungan keluarga, siswa kelas I MI A-Muniroh IV Pangkah Wetan Ujungpangkah Gresik. Dengan hasil yang memuaskan walaupun belum mencapai prosentase 100%. Yakni pada siklus I rata-rata kelas 82,25 jika diprosentase adalah 46,43% dengan adanya 13 siswa yang tidak tuntas dari 28 siswa. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelas 94,1 jika diprosentase adalah 92,8% dengan tuntasnya 26 siswa dari 28 siswa.
Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam kelas dengan menerapkan metode baru dikarenakan penerapan metode sebelumnya belum tepat. Yakni dari penerapan metode demonstrasi ke penerapan metode outbond untuk meningkatkan kemampuan bercerita peristiwa penting siswa kelas I. Sedangkan hal yang terkait dengan respon serta pengaruh terhadap peningkatan kemampuan bercerita peristiwa penting ini, dapat menjadi rekomendasi untuk penelitian berikutnya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sutiyono, MM
Uncontrolled Keywords: Metode Outbond, Bercerita Peristiwa Penting
Subjects: Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11260

Actions (login required)

View Item View Item