PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VCD PADA SISWA KELAS IIIA MIN SEDURI MOJOSARI MOJOKERTO

Masfiah, Siti (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VCD PADA SISWA KELAS IIIA MIN SEDURI MOJOSARI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Kenyataan yang terjadi dalam pendidikan saat ini masih terdapat keluhan siswa pasif dan bosan dengan pembelajaran di sekolah termasuk pembelajaran IPS. Keluhan tersebut telah berjalan panjang tetapi perubahan dalam pendidikan IPS tidak mampu mengurangi keluhan tersebut.IPS adalah mata pelajaran hafalan yang membosankan dan tidak menarik. Salah satu cara dalam mengatasi keadaan demikian ialah penggunaan media dalam proses belajar mengajar, Pada hal-hal tertentu media juga fungsi untuk mengatur langkah-langkah kemajuan serta untuk memberikan umpan balik (fade back).Karena fungsi media dalam kegiatan tersebut disamping sebagai penyaji stimulus informasi, sikap dan meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi.Salah satu media yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran adalah media audio Visual. Media Audio Visual merupakan media yang dapat memperlihatkan gambar dan suara seperti aslinya. Banyak jenis media Audio Visual salah satunya VCD. Guru dapat memanfaatkan VCD yang telah siap dipasaran atau dapat juga membuatnya sendiri. Media ini dapat menyajikan informasi, memaparkan proses, memperjelas konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu dan mempengaruhi sikap.
Permasalahan pokok yang menjadi kajian PTK ini adalah pertama, bagaimana penggunaan media VCD di kelas IIIA MIN Seduri Mojosari Mojokerto dalam pembelajaran IPS, kedua bagaimana hasil belajar IPS di kelas IIIA MIN Seduri Mojosari Mojokerto melalui penggunaanVCD ketiga, apakah penggunaan media VCD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA MIN Seduri Mojosari Mojokerto.
Adapun tujuan dari kajian PTK ini adalah pertama ingin mengetahui penggunaan VCD di kelas IIIA MIN Seduri Mojosari Mojokerto dalam pembelajaran IPS, kedua. ingin mengetahui hasil belajar IPS di kelas IIIA MIN Seduri Mojosari Mojokerto melalui penggunaanVCD, ketiga ingin mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IIIA melalui penggunaan media VCD.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan menggunakan tiga putaran.Setiap putaran terdiri dari empat tahapan,yaitu perencanaan,pengamatan, tindakan dan refleksi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media VCD memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap proses belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari tingginya persepsi dari siswa terhadap penggunaan media VCD dalam pembelajaran IPS yaitu sebesar 64,47 %. Selain itu dari hasil observasi yang menunjukkan tingginya efektivitas pembelajaran IPS di kelas IIIA MIN Seduri Mojosari.Hasil belajar siswa dalam penggunakan media VCD dapat ditunjukkan dengan semakin berkurangnya jumlah siswa yang tidak tuntas belajar pada masing-masing siklus, yaitu dari pra siklus 77 %, siklus I 86 % dan siklus II 95%.Penggunaan media VCD dapat meningkatkan hasil belajar di kelas IIIA MIN Seduri Mojosari. Hal ini dapat dilihat dari pra siklus 77 %, siklus I 86 % dan siklus II 95%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutikno
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Media Vcd; Siswa Kelas III
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2015 02:28
Last Modified: 25 Feb 2015 02:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item