PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM SAWAHAN PANGGUL TRENGGALEK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bambang, Bambang (2013) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM SAWAHAN PANGGUL TRENGGALEK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar peserta didik tidak terlepas dari motivasi belajar terhadap pelajaran. Peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam ini dilakukan karena pada umumnya motivasi siswa untuk belajar Ilmu Pengetahuan Alam tergolong rendah, hal ini dapat dilihat bahwa prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam yang dicapai siswa masih rendah. Sehubungan dengan hal tersebut, ditemukan masalahmasalah yang berkaitan dengan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sawahan Panggul Trenggalek bisa dilihat dari keinginan siswa dalam belajar masih kurang, kegiatan belajar kurang menarik karena siswa cenderung pasif dan jarang mengajukan pertanyaan. Perhatian dan kemandirian siswa masih rendah karena siswa hanya bergantung pada apa yang diberikan oleh guru.
Dalam rangka peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam, salah satu usaha yang dapat kita lakukan ialah dengan memahami bagaimana siswa-siswa kita dimana dalam proses belajar mengajar yang penting adalah penguasaan iklim didalam kelas yang sejuk dan nyaman, sehingga dapat menggugah motivasi siswa dalam belajar. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu diantara mata pelajaran wajib
yang diberikan di setiap madrasah dengan frekuensi jam pelajaran 4 jam pelajaran atau sekitar 140 menit perminggu ditingkat Madrasah Ibtidaiyah.
Rumusan masalah penelitian ini : 1) Bagaimana penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sawahan Panggul Trenggalek?, 2)Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV setelah dilakukan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sawahan Panggul Trenggalek?.
Tujuan penelitian : 1) untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sawahan Panggul Trenggalek, 2) Untuk membuktikan adanya peningkatan hasil
belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan metode eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sawahan Panggul Trenggalek.
Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas, dengan tempat penelitian MI Darul Ulum Sawahan Panggul Trenggalek dengan sampel penelitian siswa kelas IV dengan bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam. Teknik pengumpulan
data adalah peengumpulan hasil observasi indikator kinerja selama proses pelaksanaan tindakan kelas. Teknik analisa menggunakan perhitungan prosentase dan frekuensi yang reduksi ke tabel taksiran aktifitas meliputi indikator aktifitas siswa, nilai pre tes, pos tes dan kinerja siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat aktivitas siswa melalui model pembelajaran eksperimen pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sawahan Panggul tahun pelajaran 2012/2013 mengalami peningkatan, sehingga proses pembelajaran, aktifitas siswa dan prestasi belajar mengalami peningkatan cukup baik. Siswa yang dapat melaksanakan kegiatan eksperimen secara dari kegiatan awal masil dibawah 30%, pada siklus I meningkat menjadi 59%, dan siklus II menjadi 85% . Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan Pembelajaran eksperimen dengan criteria ketuntasan 70 , 14 siswa tidak tuntas pada siklus I dan pada siklus II semua siswa tuntas. Prosentase peningkatan prestasi belajar dari kondisi awal, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan 55.50%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : RUBAIDI
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bambang, BambangUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode Eskperimen; Prestasi Belajar; IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 04:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item