PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BILANGAN PECAHAN SEDERHANA DENGAN MEDIA BENDA KONGKRET DI KELAS III MI THORIQUL HUDA NGRONGGOT NGANJUK

Abidin, Zainal (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BILANGAN PECAHAN SEDERHANA DENGAN MEDIA BENDA KONGKRET DI KELAS III MI THORIQUL HUDA NGRONGGOT NGANJUK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iv.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran dikelas guru lebih dominan menjadi subyek dan sentral dalam proses pembelajaran yang masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tanpa mencari alternatif untuk memunculkan minat dan motivasi mereka untuk lebih aktif dalam proses belajar, sehingga siswa lebih cenderung pasif padahal idealnya peserta didik yang harus menjadi subyek dalam pembelajaran dimana mereka harus aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan motivasi belajar matematika dalam memahami bilangan pecahan sederhana dengan media benda kongkret, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) yang dilakukan sebanyak dua siklus atau dua putaran. Adapun setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Intrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket,panduan wawancara dan soal tes. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan belajar matematika pada bilangan pecahan sederhana dengan media benda kongkret meningkat dari pratindakan, siklus 1 dan siklus II yaitu, Dari hasil tes tersebut memperlihatkan bahwa pada pratindakan ketuntasan belajar 42,3%, pada siklus 1 ada peningkatan menjadi 61,5% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 88,46%.
Sedangkan untuk penerapan metode pembelajaran dengan media benda kongkret termasuk katagori baik untuk peningkatan motivasi belajar matematika pada bilangan pecahan sederhana.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mukhlishah
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Bilangan pecahan sederhana; Media Benda Kongkret
Subjects: Metode Pembelajaran
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 08 Nov 2015 10:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item View Item