PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH KELAS IV MATERI POKOK INFAK DAN SEDEKAH DI MI MIFTAHUL MUBTADI'IN DABUNG BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Qurrotu (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH KELAS IV MATERI POKOK INFAK DAN SEDEKAH DI MI MIFTAHUL MUBTADI'IN DABUNG BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh permasalahan-permasalahan yang terjadi di kelas peneliti yaitu kesulitan yang di alami oleh guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, dimana interaksi yang terjadi antara guru dan siswa harus sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Kurangnya kreatifitas guru berinovasi dalam metode pembelajaran, dimana fenomena yang terjadi guru banyak memakai metode cerama saja dalam proses pembelajaran sehingga siswa mengalami kebosanan dan ketidak gairahan dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Dengan alasan tersebut peneliti melakukan PTK dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran mata pelajaran Fikih. Dengan model pembelajaran ini, maka siswa dibantu untuk dapat lebih mudah memahami materi, dapat berkooperatif, dapat lebih aktif baik dalam berdiskusi maupun dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Penelitian dilakukan di MI Miftahul Mubtadi'in Dabung Bangkalan, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, Mengenai teknik atau metode pengumpulan data, penelitian menggunakan metode, observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan Tehnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik kualitatif yaitu data-data untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, dan kuantitif yaitu berupa data-data tentang hasil belajar/tes siswa....

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, QurrotuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 04:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11244

Actions (login required)

View Item View Item