TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENUKARAN MATA UANG ASING DI PT VALASINDO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Raziqa, Anniqa (2013) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENUKARAN MATA UANG ASING DI PT VALASINDO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (Field Reseacrh) tentang Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penukaran Mata Uang Asing Di PT Valasindo Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai Bagaimana praktik transaksi penukaran mata uang asing di PT Valasindo Surabaya dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap transaksi penukaran mata uang asing di PT Valasindo Surabaya.
Data penelitian ini diperoleh dari PT Valasindo Surabaya yang menjadi obyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-analisis, yaitu memaparkan atau menjelaskan data yang diperoleh dan selanjutnya dianalisis dengan metode induktif, dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus, yaitu tentang transaksi penukaran mata uang asing di PT Valasindo Surabaya, kemudian ditarik kepada hal-hal yang bersifat umum kaitannya dengan tinjauan hukum Islam terhadap transaksi penukaran mata uang asing di PT Valasindo Surabaya serta ditarik kesimpulan.
Pengakuan keberhasilan menyatakan bahwa praktik pertukaran mata uang asing di PT Valansindo sistem pertukarannya dengan menggunakan kebijakan perusahaan dalam artian pertukaran mata uang asing tidak sesuai dengan kurs yang dikeluarkan Bank Indonesia tetapi meskipun demikian dalam pertukaran mata uang asing di PT Valasindo memenuhi syarat dan rukun dalam artian rukun dan syaratnya terpenuhi yaitu dalam transaksinya tidak ada penundaan, suka sama suka serta tunai. Meskipun PT Valasindo dalam penukaran mata uang asingnya tidak sesuai dengan kurs BI tetapi dalamkebijakannya tetap melihat kurs BI.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik penukaran mata uang asing yang terjadi di PT Valasindo sendiri ketika ada beberapa golongan yang ingin menukarkan atau bertransaksi maka bisa dengan datang langsung ke PT Valasindo baik dengan cara menukarkan mata uang asing secara individu, transfer, atau dari perusahaan. Sedangkan transaksinya harus tunai, maksudnya ung rupiah tersebut ditukarkan dulu dengan uang mata asing kemudian diterima uang tersebut oleh pihak yang menukarkan.selain serah terima juga tunai serta dalam menukarkan tidak ada syarat hanya dalam uang yang ditukarkan kebijakan nilai nominalnya yang menentukan adalah PT Valasindo sendiri dan dalam sistem seperti ini dalam hukum Islam diperbolehkan karna syrat dan rukunnya terpenuhi..
Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka ada beberapa saran yang perlu dicantumkan antara lain: Pertama Seseorang yang melakukan perdagangan valuta asing wajib memperhatikan syarat batasan-batasan dan wajib menjauhkan diri dari pasar gelap. Serta dalam penukaran mata uang asing harus memenuhi syarat dan rukun. Jika mereka melakukan penyimpangan dan syarat rukunnya tidak terpenuhi, maka yang semula halal akan menjadi terlarang karena dapat merugikan. Kedua Seseorang yang akan melakukan penjualan valuta asing atau al-sharf juga harus sesuai dengan hukum yang membolehkan bagaimana melakukan penjualan valas yang benar dan sesuai syariat Islam. Dan kita harus mengacu kepada hukum dan landasan syariat Islam yang telah ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Dr .Sriwarjiati ,SH,MH
Creators:
CreatorsEmailNIM
Raziqa, AnniqaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Uncontrolled Keywords: hukum islam, penukaran mata uang asing, pt valasindo
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11216

Actions (login required)

View Item View Item