PENYELESAIAN SENGKETA ANTARA MASYARAKAT DAN MEDIA PERS MENURUT UU NO. 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholilah, Siti (2013) PENYELESAIAN SENGKETA ANTARA MASYARAKAT DAN MEDIA PERS MENURUT UU NO. 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bersifat kepustakaan yang berjudul Penyelesaian Sengketa Antara Masyarakat dan Media Pers Menurut UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers Perspektif Fiqh Siyasah Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan : bagaimanakah penyelesaian sengketa antara masyarakat dan media pers menurut UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers dan bagaimanakah pandangan fiqh siyasah terhadap penyelesaian sengketa antara masyarakat dan media pers menurut UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers.
Sehubungan dengan hal itu teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir deduktif yaitu mengemukakan data yang yang bersifat umum yakni tentang penyelesaian sengketa antara masyarakat dan media pers menurut UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers, selanjutnya ditarik kesimpulan yang bersifat khusus menurut fiqh siyasah.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menyelesaikan sengketa diranah pers terdapat suatu lembaga dewan pers, lembaga ini adalah lembaga yang dapat menyelesaikan sengketa antara masyarakat dan media pers sebagaimana menurut UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dapat melalui beberapa tahapan, yakni pertama, melalui Hak Jawab. Kedua, melalui hak koreksi. Ketiga, Melibatkan Dewan Pers sebagai mediator dan sekaligus Dewan Pers akan mengeluarkan putusan berupa PPR (Pernyataan, Penilaian dan Rekomendasi) terkait penyelesaian sengketa tersebut. Akan tetapi apabila penyelesaian sengketa melalui Dewan Pers tidak menemukan titik terang, maka proses selanjutnya yakni melalui pengadilan (ajudikasi) yang mana kekuatan putusan melalui pengadilan lebih mengikat.
Sejalan dengan kesimpulan di atas maka disarankan, bagi masyarakat dan praktisi pers dalam menyelesaikan sengketa terlebih dahulu untuk menyelesaikannya melalui dewan pers sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang pers. Dalam fiqh siyasah penyelesaian sengketa dapat diselesaikan dengan menggunakan lembaga tahkim. Dengan adanya lembaga ini, maka yang menyelesaikan sengketa yakni diserahkan kepada seorang hakam, yang mana dalam menyelesaikan sengketanya dengan menggunakan prinsip kekeluargaan atau perdamaian. Dan apabila penyelesaian melalui lembaga tahkim masih belum menemukan titik terang maka penyelesaian tersebut dapat diproses melalui pengadilan. Sebagaimana mestinya, semua keputusan yang diberikan oleh Dewan Pers maupun seorang hakam tidak akan mengikat jika tidak adanya kerelaan dari masing-masing pihak, maka dari itu dengan diprosesnya sengketa tersebut di pengadilan, maka putusannya pun akan mengikat kedua belah pihak tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Amirullah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholilah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Hukum Islam > Musyarakah
Media Massa
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Sengketa; Masyarakat; Media Pers; Fiqih Jinayah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 03:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item View Item