PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN DALAM MENJAGA LIKUIDITAS BANK : STUDI DI BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achady, Aunul Muizz (2013) PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN DALAM MENJAGA LIKUIDITAS BANK : STUDI DI BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul Penerapan manajemen risiko pembiayaan dalam menjaga likuiditas bank (studi di Bank Muamalat Indonesia cabang Surabaya) ini merupakan hasil penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana penerapan manajemen risiko serta strategi manajemen risiko pembiayaan dalam menjaga likuiditas di Bank Muamalat Indonesia Cabang Surabaya Darmo dan Bagaimana penyelesaian pembiayaan bermasalah pada nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Surabaya Darmo.
Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif analitis. Penelitian ini berorientasi memecahkan masalah dengan melakukan pengukuran variabel independen dan dependen, kemudian menganalisa data yang terkumpul untuk mencari hubungan antara variabel. Adapun langkah-langkahnya peneliti melakukan observasi, wawancaradan dokumentasi kemudian menganalisisnya melalui reduksi data,penyajian data, dan pembuatan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut diperoleh gambaran penerapan manajemen risiko pembiayaan yang diterapkan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Surabaya dinilai sesuai dengan arahan, pedoman dan kebijakan dari Bank Muamalat Indonesia Pusat dan dapat secara efektif menjaga tingkat likuiditas Bank Muamalat Indonesia dalam kategori sangat aman.Dengan tingkat prosentase Cash Ratio pada tahun 2010 dan 2011 masing-masing sebesar 177,93% dan 253,13%, prosentase Reserve Requirement pada tahun 2010 dan 2011 masing-masing sebesar 6,35% dan 5,25%, prosentase FAR pada tahun 2010 dan 2011 masing-masing sebesar 92,11% dan 80,81%,prosentase FDR tahun 2010 dan 2011 masing-masing sebesar 35,42% dan 31,95%.
Didukung pula strategi manajemen risiko yang baik dari Bank Muamalat Indonesia Cabang Surabaya yaitu dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi risiko pembiayaan dan penerapan 14 pokok prinsip kehati-hatian serta penyelesaian pembiayaan bermasalah dengan menggunakan proses revitalisasi dan penyelesaian melalui jaminan sehingga memudahkan Bank Muamalat Indonesia Cabang Surabaya untuk menekan risiko pembiayaan. Ini diindikasikan dari sisi NPF Bank Muamalat Indonesia Cabang Surabaya pada tahun 2011 dapat ditekan sebesar 0,84% dan NPF Netto Bank Muamalat Indonesia pada tahun 2010 dan 2011 masing-masing sebesar 1,12% dan 1,67%. Yang berarti dibawah NPF yang ditentukan Bank Indonesia yaitu dibawah 5%.
Untuk dapat menjaga likuiditasnya agar tetap dalam posisi aman, Bank Muamalat Indonesia Cabang Surabaya sebaiknya tidak hanya memperhatikan pada manajemen risiko pembiayaan namun juga memperhatikan aspek pengelolaan Dana Pihak Ketiga karena dengan DPK yang besar maka bank dapat menyalurkan pembiayaan dalam jumlah yang lebih besar lagi sehingga sektor riil semakin berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Abu Azam Al Hadi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achady, Aunul MuizzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Uncontrolled Keywords: Manajemen Resiko Pembiayaan; Likuiditas Bank; Bank Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 03:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11184

Actions (login required)

View Item View Item