PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS III B PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL ( LATIHAN ) DI MI NEGERI SEDURI MOJOSARI MOJOKERTO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Oktaviani Iis (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS III B PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL ( LATIHAN ) DI MI NEGERI SEDURI MOJOSARI MOJOKERTO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak factor diantaranya adalah factor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan setra ketrampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna menjapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/ model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep – konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah ada peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran metode drill (latihan)? Tujuan dari penelitian ini adalah : Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran metode drill (latihan).
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahapan yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III B MI Negeri Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto semester I (ganjil) tahun pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu : siklus I (26,10%), siklus II (91,30%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode drill (latihan) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas III B MI Negeri Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto semester I (ganjil ) tahun pelajaran 2014/201 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd.Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Oktaviani IisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Metode Drill (latihan); Hasil Belajar; Matematika; Operasi Hitung Perkalian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2015 03:09
Last Modified: 24 Feb 2015 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item