PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK (KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS VI MI DARUSSALAM DESA SUMBEREJO KECAMATAN WINONGAN KABUPATEN PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Jannah, Nurul (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK (KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS VI MI DARUSSALAM DESA SUMBEREJO KECAMATAN WINONGAN KABUPATEN PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam rangka meningkatkan prestasi belajar matematika materi KPK pada siswa kelas VI MI Darussalam Sumberejo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Serta untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika materi KPK setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD tersebut.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kurt Lewin yang meliputi 4 langkah yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observing) dan refleksi (reflecting). Adapun subjek penelitian ini siswa kelas VI yang jumlah populasinya 19 siswa, 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan tes formatif sedangkan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar dokumentasi dan kisi-kisi tes formatif serta butir-butir soalnya.
Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam rangka meningkatkan prestasi belajar matematika materi KPK pada siswa kelas VI MI Darussalam Sumberejo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015 ini dilaksanakan sebanyak tiga kali siklus. Hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I skor akhir aktivitas guru 67,5 kategori cukup baik, siklus II 75 kategori baik, dan siklus III 90 kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 62,5 kategori cukup baik, siklus II 72,5 kategori baik, dan pada siklus III 87,5 kategori sangat baik. 2. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika materi KPK pada siswa kelas VI di MI Darussalam Sumberejo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015 ini diketahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata siswa pra siklus 58,95, pada siklus I nilai rata-ratanya 64,44, siklus II 74,21, dan pada siklus III 83,16, sedangkan ketuntasan belajar pada pra siklus 36,84%, pada siklus I 57,89%, siklus II 78,96%, dan pada siklus III ketuntasan belajar siswa mencapai 89,46%. Jadi rata-rata siswa pada siklus II dan siklus III sudah di atas kriteria yaitu ≥65 sedangkan ketuntasan belajar siswa baru tercapai pada siklus III yaitu 89,46% dan telah melebihi kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥85% dari jumlah siswa. Dalam hal ini sudah dapat dikatakan tuntas.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sihabuddin
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif STAD; Materi KPK
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2015 02:58
Last Modified: 24 Feb 2015 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item View Item