ETIKA KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS DALAM PELAYANAN JAMAAH HAJI KBIH NASRUL UMMAH KABUPATEN KEDIRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatullah, Mochammad Hilmi (2013) ETIKA KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS DALAM PELAYANAN JAMAAH HAJI KBIH NASRUL UMMAH KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Ada satu fokus persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu tentang Bagaimana aplikasi etika komunikasi customer relations yang dilakukan oleh KBIH Nasrul Ummah dalam melayani jamaahnya.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara global dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang berfungsi untuk mengungkapkan fakta dan makna yang terkandung dalam proses pelayanan yang menggunakan etika komunikasi. Seluruh persoalan ini dikaji secara kritis dengan didukung data penelitian dan dihubungkan dengan dasar pemikiran Jerman Immanuel Kant yaitu dengan teori etika deontologi.
Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan bahwa etika komunikasi merupakan salah satu usaha yang dinilai cukup penting dalam proses customer relations. Selain itu, penerapan etika yang biasa disebut dengan etiket juga dapat menciptakan respon dan nilai positif.
Kemudian pada akhirnya customer akan percaya dengan pelayanan dari sebuah lembaga. Sedangkan, dalam kaitannya teori etika deontologi yakni, penerapan etika komunikasi yang berlangsung saat pelayanan ibadah haji hakikatnya merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh KBIH Nasrul Ummah, hal ini sejalan dengan kebebasan antar manusia untuk tetap berinteraksi dengan melakukan hal yang baik seperti yang diungkapkan oleh Immanuel Kant.
Bersumber dari penelitian ini, beberapa rekomendasi yang dapat memungkinkan untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi lembaga pelayanan bimbingan ibadah haji yakni KBIH Nasrul Ummah untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan ibadah haji, terutama pada penerapan komunikasi yang beretika karena pada umumnya komunikasi merupakan kegiatan yang cukup diperhatikan dalam pelayanan serta hubungan terhadap customer. Kepada peneliti lain hendaknya mengadakan penelitian secara komprehensif tentang pelayanan ibadah haji, mengingat masalah ini menyangkut dengan kualitas pelayanan dan etika berkomunikasi yang masih menarik untuk dikaji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ali Nurdin, S.Ag., M.Si.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatullah, Mochammad HilmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam
Keywords: Etika Komunikasi, Customer Relations, Pelayanan KBIH
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 03:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11168

Actions (login required)

View Item View Item