ANALISIS APLIKASI KURIKULUM BERDESAIN LOKAL PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KEAKSARAAN FUNGSIONAL KENIKIR KECAMATAN NGUSIKAN KABUPATEN JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Devie Harizatun (2013) ANALISIS APLIKASI KURIKULUM BERDESAIN LOKAL PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KEAKSARAAN FUNGSIONAL KENIKIR KECAMATAN NGUSIKAN KABUPATEN JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan kurikulum berdesain lokal di Keaksaraan Fungsional Kenikir ini disusun berdasarkan kesepakatan antara tutor dengan warga belajar. Kurikulum tersebut dibuat dengan mempertimbangkan potensi lokal, kemampuan, keinginan, serta permasalahan yang dihadapi warga belajar. Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan kurikulum berdesain lokal ini terdapat beberapa faktor yang dapat mendorong serta menghambat kelancaran serta keberhasilan proses pembelajaran. Faktor pendorong tersebut misalnya, semangat dari warga belajar, kemampuan dan keahlian tutor, dukungan dari keluarga warga belajar, serta dukungan dari masyarakat dan institusi. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat kelancaran proses pembelajaran terutama untuk materi pendidikan agama islam antara lain, minimnya pengetahuan warga belajar terhadap pengetahuan agama islam, minimnya sarana dan prasarana, kurang sadarnya akan kedisiplinan, perbedaan latar belakang pendidikan dan keinginan warga belajar, kurang tepatnya metode pembelajaaran yang digunakan oleh tutor, serta pergantian musim tanam dan musim panen.
Hasil penerapan kurikulum berdesain lokal, tidak hanya pada aspek pendidikan agama islam saja, tetapi program keaksaran fungsional ini lebih ditujukan pada kemampuan baca, tulis, dan hitung, yang hasilnya dapat dilihat dari beberapa bidang, yakni bidang sosial, ekonomi, kebudayaan, pertanian, ketrampilan serta keagamaan. Dengan dibekalinya kemampuan tersebut, diharapkan warga belajar dapat memperbaiki taraf hidupnya, baik itu dari segi pengetahuan, finansial, maupun keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Abdul Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Devie HarizatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Kurikulum Berdesain Lokal; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2014
Last Modified: 31 Mar 2015 10:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11141

Actions (login required)

View Item View Item