PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS IX DI SMPLB SISWA BUDHI GAYUNGAN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tartila, Tartila (2013) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS IX DI SMPLB SISWA BUDHI GAYUNGAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Belajar tentang pendidikan agama islam merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim. Hal ini dikarenakan dalam agama islam terdapat beberapa ajaran yang merupakan pedoman hidup bagi umat islam khususnya untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. Begitu pentingnya peranan agama islam sehingga pendidikan agama harus diajarkan kepada semua jenjang dan jenis pendidikan. Anak tunagrahita sebagai anak berkebutuhan khusus (ABK) juga memiliki kesempatan yang sama dengan anak normal termasuk di dalamnya memperoleh pembelajaran pendidikan agama islam (PAI). Jika dilihat dari bentuk fisik yang dimilikinya, anak tunagrahita tidak beda jauh dengan anak normal yang lain. Akan tetapi yang membedakan mereka adalah keterbatasan kecerdasan yang dimikinya sehingga mengakibatkan dirinya sukar untuk mengikuti program pendidikan di sekolah biasa secara klasikal. Berangkat dari situlah, maka skripsi ini berjudul tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas IX Di SMPLB Siswa Budhi Gayungan Surabaya.
Penelitian skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (ABK) kelas 9 di SMPLB Siswa Budhi Gayungan Surabaya, dan untuk mendeskripsikan hasil pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (ABK) kelas 9 tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan secara sistematik mengenai bidang tertentu yang berkaitan dengan situasi proses pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) yang sedang berlangsung di SMPLB Siswa Budhi Gayungan Surabaya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologis yang mana pendekatan tersebut peneliti gunakan sebagai gambaran untuk melihat peristiwa atau kejadian serta menjelaskan pengalaman-pengalaman apa yang dialami seseorang dalam kehidupan ini, termasuk interaksinya dengan orang lain, Adapun dalam penelitian ini model penelitian yang digunakan adalah naturalistik. Sebab, sifat naturalistic lebih memilih metode kualitatif dari pada kuantitatif. Hal ini karena naturalistic lebih mampu mengungkap realitas ganda yaitu lebih mengungkap hubungan wajar antara peneliti dengan responden, dan karena metode kualitatif lebih sensitif dan adaptif terhadap peran berbagai bengaruh timbal balik.....

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mahmudi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tartila, TartilaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama islam, anak berkebutuhan khusus (tunagrahita)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 03:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11140

Actions (login required)

View Item View Item