EFEKTIFITAS GURU PENDAMPING DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI : STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH 1 SEPANJANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijayanto, Anang (2013) EFEKTIFITAS GURU PENDAMPING DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI : STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH 1 SEPANJANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Fokus pene;itian ini adalah menjawab permasalahan: (1). Bagaimana peran guru pendamping dalam membantu peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah 1 Sepanjang?. (2) Bagaimanakah efektifitas guru pendamping dalam membantu peningkatan prestasi belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah 1 Sepanjang Sidoarjo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dan model penelitian eksperimen ini menggunakan desain eksperimen Pre-Experimental dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design yakni menilai perbandingan antara sebelum dan sesudah dibeikan perlakuan. Dalam hal ini peneliti memberikan sebuah perbandingan nilai terhadap satu kelompok dalam hal ini seluruh siswa kelas 5A SD Muhammadiyah 1 Sepanjang Sidoarjo terhadap pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan guru pendamping.
Sesuai dengan permasalahan diatas hasil penelitian ini adalah : (1) Peran guru pendamping di SD Muhammadiyah Sepanjang Sidoarjo adalah membantu mengajar disekolah yang memiliki tugas yang sama namun berbeda fungsi dan implementasi dalam proses pembelajaran dalam kelas sehingga memiliki pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. (2) Berdasarkan hasil pretest dan posttest guru pendamping memiliki peran yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang dibuktikan pada tabel 4.15 yang memiliki perbandingan 5% lebih baik dari sebelum menggunakan guru pendamping. Hasil nilai uji t-test pada tabel 4.16 berdasarkan perhitungan, maka t hitung jatuh pada penerimaan Ha dan penolakan Ho dimana Uji hipotesis pihak kanan menunjukkan dengan t hitung -1,76 jatuh pada daerah penerimaan Ha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : A. Yusam Tabrani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijayanto, AnangUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Uncontrolled Keywords: Efektifitas; Guru Pendamping; Prestasi Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item