UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN DESAIN KURIKULUM PAI DI SMPN 2 NGIMBANG LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Galuh Sukma Kartika (2013) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN DESAIN KURIKULUM PAI DI SMPN 2 NGIMBANG LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Desain kurikulum adalah pola pengorganisasian unsur-unsur atau komponen kurikulum. Guru adalah salah satu faktor penting dalam pengembangan desain kurikulum. Guru perlu melakukan usaha-usaha dan upaya-upaya untuk mengembangkan desain kurikulum PAI yang saat ini mengalami miskomunikasi dan salah strategi agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagimana Desain Kurikulum PAI di SMPN 2 Ngimbang Lamongan (2) Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan desain kurikulum PAI di SMPN 2 Ngimbang Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain kurikulum PAI di SMPN 2 Ngimbang Lamongan dan Upaya guru dalam mengembangkan desain kurikulum PAI di SMPN 2 Ngimbang Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu data disajikan berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku dapat diamati. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kurikulum PAI di SMPN 2 Ngimbang Lamongan menggunakan kurikulum KTSP berbasis karakter dengan model Grassroot atau bottom up dan subject centered design. Upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan desain kurikulum PAI adalah dengan tiga cara, (1) secara individu dengan menyusun perangkat pembelajarn dengan merumuskan 4 komponen kurikulum, dan penerapannya (2) dengan mengadakan rapat sesama guru mata pelajaran dan (3) mengadakan kerjasama lintas sekolah dalam lingkup kabupaten dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai tambahan ilmu pengetahuan untuk guru PAI dalam mengembangkan desain kurikulum PAI di semua lembaga pendidikan khususnya di SMPN 2 Ngimbang Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Syaifuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Galuh Sukma KartikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Desain Kurikulum PAI; Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2014
Last Modified: 02 Apr 2015 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item View Item