POLA PEMBERDAYAAN REMAJA OLEH LSM SEBAYA DI SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamzah, M. Faris (2013) POLA PEMBERDAYAAN REMAJA OLEH LSM SEBAYA DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babv.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
babvi.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini ada dua pokok bahasan yang perlu disorot, yaitu : (1) Bagaimana Pola Pemberdayaan yang dilakukan oleh LSM SeBAYA dalam mmberdayakan remaja ?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi LSM SeBAYA dalam proses pemberdayaan remaja ?
Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana strategi LSM SeBAYA dalam pemberdayaan remaja khususnya di daerah Surabaya. Hal ini dilakukan karena selama ini banyak remaja yang tidak sadar akan potensi yang dimikikinya, disampng itu mereka juga kurang peduli terhadap kesehatan reproduksinya. Pemberdayaan yang dilakukan oleh LSM SeBAYA menggunakan tiga pendekatan yaitu mikro, mezzo, makro dengan menangani beberapa komunitas remaja baik remaja sekolah maupun remaja luar sekolah.
Pola pemberdayaan yang dilakukan oleh LSM SeBAYA kepada remaja, dilakukan dengan beberapa kegiatan diantaranya yaitu : (1) Indepth Interview (2) FGD (3) Lokakarya Pemberdayaan Komunitas Peduli Kespro (4) Pelatihan Peer Educator, dll. Dan pada akhir kegiatan selalu dilakukan monitoring dan evaluasi untuk melihat hasil output setelah kegiatan dilaksanakan.
Dalam proses pemberdayaan terdapat faktor pendukung dan penghambat didalam pelaksanaannya, antara lain:
a) Faktor Pendukung: terbentuknya tim yang solid dalam SeBAYA, yang mana mereka tetap berpegang teguh pada komitmen mereka dalam SeBAYA itu sendiri. Selain itu antusiasnya para remaja dalam proses pemberdayaan juga sangat mendukung SeBAYA dalam program pemberdayaan remaja tersebut.
b) Faktor penghambat: (1) Manusia-SDM, Relawan SeBAYA PKBI JATIM sangat bervariasi, dari latar belakang pendidikan dan pola asuh yang berebeda-beda. Relawan yang ada saat ini sebagian besar relative baru dan tingkat pengetahuan dan pemahaman, masih belum maksimal. (2) Organisasi-Fasilitas, selain dari menejemen yang kurang baik, SeBAYA juga membutuhkan ruangan yang lebih banyak guna mendukung pelaksanaan program pemberdayaan. (3) Kebijakan-Dukungan Program Kerja, salah satu hal penting untuk keberlangsungan dan keberlanjutan program Youth Center adalah adanya dukungan dari Internal (Relawan dan PKBI) dan Eksternal dalam hal ini stakeholder. Beberapa hal upaya telah dilakukan oleh SeBAYA, salah satu yang kegiatan nya adalah advokasi ke stakeholder terkait untuk pengembangan program remaja di Jawa Timur. Salah satu upaya advokasi yang dilakukan sesuai dengan Kebijakan Program Nasional PKBI Bidang Remaja adalah Pelayanan Yang Ramah Remaja khususnya untuk Kesehatan Reproduksi Remaja. Dimana pelayanan yang bisa menjadi satu layanan yang komprehensif termasuk di dalamnya adalah Layanan Informasi dan Layanan Konseling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mujib Adnan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamzah, M. FarisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Remaja
Pemberdayaan
Remaja, Gaya hidup
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2014
Last Modified: 17 Apr 2015 06:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11075

Actions (login required)

View Item View Item