PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA PENYANDANG TUNA DAKSA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Linda (2013) PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA PENYANDANG TUNA DAKSA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babv.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Perbedaan fisik dalam diri seorang remaja sedikit banyak memiliki pengaruh pada kepribadian dan kondisi psikologis mereka khususnya pada diri remaja tuna daksa. Secara umum aspek perkembangan manusia dapat dibedakan dalam aspek psikologis dan fisik. Aspek fisik merupakan potensi yang berkembang dan harus dikembangkan oleh individu. Bagi remaja tuna daksa, potensi itu tidak utuh karena ada bagian tubuh yang tidak sempurna. Hal ini tentunya akan menimbulkan konflik bagi remaja tuna daksa, misalnya kepercayaan diri dan harga diri pada individu rendah, hal ini juga dapat disebabkan lingkungan kurang mampu menghargai penyandang tuna daksa, sehingga remaja tuna daksa merasa malu dan tidak berguna. Dengan melakukan penyesuaian diri, keseimbangan antara tuntutan diri dengan lingkungan dapat berjalan dengan baik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penyesuaian diri remaja tuna daksa dalam menghadapi realita kehidupannya. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam untuk mencari tahu bagaimana perasaan yang dialami oleh subyek.
Penelitian ini melibatkan 2 orang remaja yang berusia antara 13-16 tahun dan menyandang tuna daksa sejak lahir. Hasil yang didapat oleh peneliti adalah kedua subyek mampu melakukan penyesuaian diri dengan baik terhadap keadaan diri serta lingkungan sosialnya. Selain itu, peneliti melihat kedua subyek perlahan sudah bisa menerima kekurangan fisik yang dialaminya. Subyek juga bisa beraktifitas mandiri dengan baik seperti membantu membersihkan rumahnya, berbaur dengan teman-teman rumahnya yang sedang berkumpul, subyek juga turut serta dalam kegiatan remaja yang diadakan di lingkungannya serta menjaga hubungan baik dengan masyarakat. Hal ini dilakukan agar subyek mendapatkan perlakukan yang baik dari masyarakat. Perlakukan masyarakat yang baik dan memahami kondisi fisik subyek dapat mempengaruhi subyek dalam menyesuaiakan diri di lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sjahudi Sirodj
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, LindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Remaja
Psikologi
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri; Remaja; Tuna Daksa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11061

Actions (login required)

View Item View Item