EFEKTIFITAS MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR (FLASHCARD) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA TK B RA. HIDAYATULLAH II GUNUNG GEDANGAN MOJOKERTO

Sari, Hasanah Nur Fitria (2013) EFEKTIFITAS MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR (FLASHCARD) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA TK B RA. HIDAYATULLAH II GUNUNG GEDANGAN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media kartu kata bergambar (flashcard) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa TK B di RA. Hidayatullah II Gunung Gedangan Mojokerto. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa TK B RA.
Hidayatullah II Gunung Gedangan Mojokerto yang terdiri dari 2 kelas,masing-masing diambil 10 siswa, untuk kelompok control dan kelompok eksperimen. Dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen serta menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu suatu penelitian eksperimen yang mendekati bentuk true eksperimen dimana tidak terdapat control atau manipulasi yang relevan pada semua variabel, melainkan hanya pada sebagian variabel, melainka hanya pada sebagian variabel. Serta menggunakan desain pretest-posttes control group design yaitu kelompok eksperimen maupun kelompok control tidak dipilih secara random .
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca siswa dan observasi. Sehingga hasil data analisis dengan menggunakan Uji 2 Related Sampels pada program SPSS 16.00 for windows. Dari analisis data dapat diperoleh probabilitas nilai dari Z hitung adalah -2,687 pada taraf signifikansi 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian, hipotesis statistic diatas yang menyatakan ada perbedaan kemampuan membaca permulaan antara siswa control yang diberikan media konvensional dan kelompok eksperimen yang diberikan media kata bergambar,diterima. Hal ini terbukti dari 10 siswa kelompok control yang dibandingkan, rata-rata terdapat 9 sampai dengan 10 (keseluruhan) siswa kelompok control kemampuan membacanya lebih rendah dibanding kemampuan membaca siswa kelompok eksperimen.
Sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan media kartu kata bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa terbukti kebenaranya. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata siswa kelompok eksperimen yang memiliki kemampuan membaca lebih tinggi dari dibandingkan kemampuan membaca pada siswa kelompok control.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdul Muhid
Uncontrolled Keywords: Media Kartu; Kata Bergambar; flashcard; Kemampuan Membaca; Membaca Permulaan; Siswa TK B;
Subjects: Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 08:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11056

Actions (login required)

View Item View Item