EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Tsalits, Farah Shofa (2013) EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode storytelling dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SD Wachid Hasjim 2 Surabaya, yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berjumlah 20 orang siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan ekperimental, rancangan yang akan diterapkan dalam penelitian eksperimen ini adalah true experiment. Dengan desain pretest postest dengan kelompok kontrol (pretest-postest with control group).
Instrumen pengumpul data melalui observasi dan tes pemahaman IPA. Sehingga hasil data dianalisis dengan menggunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) pada program SPSS 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian ini, mean score veriabel pemahaman siswa pada kelompok eksperimen tingkat keefektifannya lebih besar daripada mean score variabel pemahaman siswa pada kelompok kontrol. Hal ini di lihat dari perbandingan preetes dan postes pada masing-masing kelompok. Hasil mean score preetest postes kelompok eksperimen adalah dari 79,1 ke 93,0. Sedangkan hasil mean score preetest postest pada kelompok kontrol adalah dari 94,0 ke 94,5. Jadi selisih hasil preetest postest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu (13,9 0,5). Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) terlihat dari hasil posttest yang diperoleh taraf signifikasi (0.011 0.05). Karena signifikansi 0,05, maka terdapat perbedaan antara preetest dan postest pada kelompok eksperimen. Menunjukkan bahwa Metode storytelling efektif dalam meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Abdul Muhid
Uncontrolled Keywords: Metode Storytelling; Pemahaman Siswa, IPA
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item