RESILIENSI PADA KELUARGA PENDERITA SKIZOFRENIA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanto, Iwan Hadi (2013) RESILIENSI PADA KELUARGA PENDERITA SKIZOFRENIA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babv.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftarpustaka.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat gambaran resiliensi keluarga penderita skizofrenia dan bentuk-bentuk resiliensi pada keluarga penderita skizofrenia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. Ke dua informan penelitian ini adalah keluarga yang mempunyai anggota keluarga yang menderita skizofrenia. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi, yang dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan. Gambaran resiliensi pada keluarga pederita skizofrenia ditemukan bahwa resiliensi yang dimiliki didapat dari dukungan sosial yang menjadikan keluarga dapat berfikir positif dalam mengatasi masalahnya, dan menjadikan keluarga lebih tenang dalam mengatasi tekanan yang terjadi. Ini membuat keluarga dapat produktif dalam kehidupannya. Bentuk resiliensi pada keluarga penderita skizofrenia bahwa ada kesamaan antara kedua subyek dalam pemenuhan aspek-aspek resiliensi, yang menjadikan individu lebih resilien dan dapat bangkit dari keterpurukan. Juga ditemukan perbedaan bahwa gaya berfikir yang berbeda akan merefleksikan keyakinan penyelesaian atas masalahnya. Gaya berfikir saya selalu semua meyakini bahwa permasalahan yang ada berasal dari diri inidividu tersebut. Hal ini selalu terjadi dan permasalahan itu tidak dapat diubah, serta akan cenderung mempengaruhi seluruh aspek kehidupannya. Sedangkan gaya berfikir bukan saya, tidak semua, meyakini bahwa permasalah yang ada disebabkan oleh orang lain, dimana kondisi tersebut masih mungkin untuk dirubah dan permasalahan yang ada tidak mempengaruhi sebagian besar aspek kejidupannya. Dalam kasus ini ditemukan pula bahwa pendidikan dan ekonomi seseorang juga akan mempengaruhi resiliensi seseorang. jika ekonomi seseorang tersebut sederhana, maka merefleksikan pemikiran yang sederhana dari tindakannya. Dan jika pendidikan seseorang tersebut rendah maka kualitas resileisninya juga rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Suryani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanto, Iwan HadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Psikologi
Keywords: Resiliensi; Skizofrenia; Pskologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 08:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item