PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 KARANGGENENG LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidah, Nuril (2013) PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 KARANGGENENG LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peran guru bimbingan dan konseling sebagai pelaksana utama yang mengkoordinir semua kegiatan bimbingan dan konseling sekolah yang memiliki pendidikan yang memadai dalam bimbingan dan konseling untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi siswa agar siswa menjadi pribadi yang mandiri.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peranan Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Karanggeneng Lamongan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Karanggeneng Lamongan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data peneliti merumuskan analisis selama pengumpulan data dan analisis setelah pengumpulan data.
Subyek penelitian yang di ambil adalah guru BK yang ada di SMP Negeri 1 Karanggeneng Lamongan dan siswa yang pernah ada kasus di sekolah yang akhirnya masuk bimbingan dan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Karanggeneng Lamongan sudah melakukan peranannya atau Tupoksi sebagai guru BK yaitu 1). Membantu siswa dalam menyelesaikan masalah. Subyek sering membantu menyelesaikan masalah siswa yang terlambat masuk sekolah dan masalah siswa yang pulang sekolah sebelum bel berbunyi, 2). Melaksanakan program pengajaran sekolah. Subyek ada jadwal jam masuk kelas untuk memberi materi pelajaran kepada siswa atau materi bimbingan siswa, 3). Melaksanakan bimbingan kelompok maupun konseling individual. Ini dilakukan dalam upaya pemberian bantuan yang diberikan secara kelompok dan individual, 4). Melayani wali siswa yang mengadakan konsultasi tentang anaknya. Subyek melayani wali siswa yang mengadakan konsultasi tentang kasus mencuri anak didiknya ketika di pameran pendidikan di kota Lamongan, 5). Menjalankan fungsi sebagai guru BK yang bersifat preservative. Subyek menasehati siswa yang sudah melakukan pelanggaran tata tertib sekolah agar tidak melakukan kasus itu lagi dan supaya menjaga keadaan yang sudah baik tersebut, 6). Korektif. Subyek menyuruh siswa yang terkena kasus membobol pagar tembok sekolah untuk mengganti kerusakannya yaitu memperbaiki pagar tembok yang rusak tersebut sampai selesai dan baik seperti semula.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Hamim Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidah, NurilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Guru
Uncontrolled Keywords: Guru; Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 21 Apr 2015 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11036

Actions (login required)

View Item View Item