KEHIDUPAN ISTRI BEKERJA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT ISLAM: SUATU TINJAUAN TEORI FUNGSIONALISME STRUKTURAL ROBERT K. MERTON DI DESA SENDANGREJO, KECAMATAN DANDER, KABUPATEN BOJONEGORO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novita, Rice (2013) KEHIDUPAN ISTRI BEKERJA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT ISLAM: SUATU TINJAUAN TEORI FUNGSIONALISME STRUKTURAL ROBERT K. MERTON DI DESA SENDANGREJO, KECAMATAN DANDER, KABUPATEN BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Di dalam skripsi ini ada satu rumusan masalah yang hendak dikaji, yaitu: Bagaimana kehidupan istri bekerja di lingkungan masyarakat Islam di Desa Sendangrejo Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kaulitatif. Metode ini di pilih agar di peroleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai kehidupan istri an bekerja di lingkungan masyarakat Islam yang berada Di Desa Sendangrejo, yang nantinya data yang di peroleh kemudian akan di sajikan dengan menggunakan teori Fungsionalisme struktural Robert K. Merton.
Melalui pendekatan ini diharapkan skripsi ini mampu memberikan kesimpulan tentang wujud dari kehidupan perempuan pekerja di lingkungan masyarakat Islam, sehingga nantinya bisa memperkaya khazanah ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan sosiologi.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Kehidupan istri yang bekerja di lingkungan masyarakat Islam di Desa Sendangrejo, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, mereka sebagai perempuan, menyandang status ganda, atau peran ganda. Yaitu selain sebagai ibu rumah tangga, juga sebagai pencari nafkah tambahan untuk keluarga mereka. Mereka menjalani kehidupan sehari-hari dengan berbagai aktivitas dan kegiatan. Mereka banyak menghabiskan waktu untuk bergelut dengan pekerjaan atau mencari uang, dan tidak ketinggalan mereka juga tetap menjalankan kewajiban dan pekerjaannya sebagai ibu rumah tangga. Mereka tinggal di lingkungan masyarakat Islam, akan tetapi mereka tetap memperoleh kebebasan untuk bekerja, dengan catatan tetap pada koridor-koridor aturan Islam.
Perempuan Islam atau seorang istri mempunyai hak untuk mengembangkan diri dengan berbagai cara, termasuk dengan cara bekerja.
Dengan bekerja bisa meningkatkan pengalaman, juga menambah ilmu. (2) Perempuan atau ibu rumah tangga banyak yang bekerja di daerah ini dikarenakan berbagai faktor dan alasan, diantaranya ingin menambah penghasilan keluarga, mengisi waktu luang, meraih cita-cita, dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rr. Suhartini
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novita, RiceUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Istri Bekerja, Fungsionalisme Strutural Robert K. Merton
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 01 Apr 2015 02:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item View Item