LUNTURNYA BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK-ANAK PADA ERA MODERN DI DESA SEKARAN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafii, Nur (2013) LUNTURNYA BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK-ANAK PADA ERA MODERN DI DESA SEKARAN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Berbicara mengenai lunturnya budaya permainan tradisional memang saat ini permainan tradisional dikalangan anak semakin tergeser dengan permainan modern yang semakin meluas dikalangan anak. Pada masyarakat desa sekarang juga mulai berubah pola bermain anak, ketika peneliti melakukan observasi dilapangan anak-anak tak lagi bermain permainan tradisional seperti bentengan, boy-boyan dan patil lele-bentik. Kebanyakan dari mereka bermain di warnet dan tempat rental Play Station, juga tak jarang lagi dari mereka yang mengenal nama dari jenis permainan tradisional tersebut bahkan ada juga yang tidak tahu sam sekali.
Peneliti disini mengunakan rumusan masalah 1) Mengapa permainan tradisional semakin lama semakin menghilang dan anak-anak sekarang lebih memilih permainan yang lebih modern di Desa Sekaran Lamongan? Dan tujuan dari penelitian yaitu untuk Untuk mengetahui mengapa pemainan tradisional semakin menghilang di Desa Sekaran Lamonga pada saat ini dan mengetahui faktor-faktor yang mempengarui mengapa anak-anak di Desa Sekaran Lamongan sekarang lebih memilih permainan yang lebih modern. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode kualitataif deskriptif.
Kemudian data yang ada dalam penelitian ini, dianalisis menggunakan metode content analysis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara mendalam kepada informan dan observasi.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teori yang dianggapnya sesuai dengan masalah yang akan ditelitinya, seperti diantaranya, teori modernitas Marx dan teori modernitas Anthony Giddens. Permainan tradisional yang ada di Desa Sekaran-Lamongan mengalami degradasi dalam kehidupan anak-anak mereka banyak yang tidak tahu tentang permainan tradisional, bahwa permainan tradisional sangat mengandung manfaat dan nilai-nilai positif. Ada pun faktor utama lunturnya permainan tradisional yang ada di Desa Sekaran Lamongan kurang adanya sosialisasi orang tua dan lembaga pendidikan ditingkat taman kanak-kanak terhadap anak, anak-anak lebih memilih permainan modern karena permainan tersebut diangap sangat menarik dan lebih instan tanpa melalui proses pembuatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafii, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kebudayaan
Keywords: Luntur; Budaya; Permainan Tradisional;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 08:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11024

Actions (login required)

View Item View Item