BIOGRAFI KH. CHAMIM THOHARI DJAZULI (1940-1993)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Johan (2013) BIOGRAFI KH. CHAMIM THOHARI DJAZULI (1940-1993). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul Biografi KH. Chamim Thohari Djazuli (1940-1993) ini memiliki tiga focus penelitian, yaitu: Siapakah KH. Chamim Thohari Djazuli. Bagaimanakah perjuangan KH. Chamim Thohari Djazuli dalam masyarakat. Bagaimanakah tanggapan masyarakat terhadap perjuangan KH. Chamim Thohari Djazuli.
KH. Chamim Thohari Djazuli dikenal sebagai ulama yang lekat dengan istilah kontroversial. Metode dakwahnya berbeda dengan mainstream kalangan ulama kebanyakan. Meski putra seorang pendiri pesantren, KH. Chamim Thohari Djazuli memilih jalur yang berbeda dengan jalan yang dilalui ayahandanya. Bergelut dan berkecimpung dalam dunia malam, merangkul para pelaku maksiat dari berbagai kalangan, membuat namanya selalu dikenang oleh masyarakat.
Secara umum penelitian ini adalah penelitian historis yang mencoba menarasikan sejarah hidup sosok KH.Chamim Thohari Djazuli. Penelitian ini menggunakan sejarah naratif yaitu penulis mendeskripsikan tentang masa lampau dengan merekonstruksikan apa yang terjadi, serta diuraikan sebagai cerita. Kejadian-kejadian penting diseleksi begitu ketat dan diatur menurut poros waktu sedemikian rupa hingga tersusun sebagai cerita. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan skripsi ini adalah: Heuristik (mencari dan menemukan data), verivikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran), dan historiografi.
Dari penelitian dengan menggunakan metode tersebut di atas, diperoleh beberapa kesimpulan. Diantaranya, pertama sosok KH. Chamim Thohari Djazuli merupakan figure ulama yang sangat dikagumi dan berpengaruh di wilayah Kediri dan sekitarnya. Kontroversial, nyeleneh, unik. Tiga kata itulah yang bias untuk menggambarkan tentang sosok yang lahir dari seorang ulama pendiri pesantren Al Falah Ploso Kediri ini.Kedua, tiga komunitas dibentuknya sebagai sarana dan wadah bagi orang-orang yang disisihkan dan kurang dilirik oleh para ulama.Tiga komunitas itu adalah, Mujahadah Layliyyah, Dhikrul Ghafilin dan Semaan Al-Quran Jantiko Mantab. Ketiga, masyarakat berpandangan beliau termasuk ulama yang memiliki keanehan dengan ulama kebanyakan. Metode dan medan dakwahnya berbeda dengan ulama lain. Saat ulama lain berceramah dari masjid ke masjid, beliau malah berdakwah di lokasi-lokasi yang jarang atau bahkan tak dilirik sama sekali oleh ulama lain. Diskotik, lokalisasi, tempat perjudian adalah medan dakwahnya. Di sisi lain, medan dakwahnya yang berbeda ini kerap mendapat stigma negatif dari masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Ahwan Mukarrom
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, JohanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Islam
Uncontrolled Keywords: Biografi Kh. Chamim Thohari Djazuli
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2014
Last Modified: 10 Apr 2015 06:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11006

Actions (login required)

View Item View Item