TAHALLI AL MAR AH BI ADZ DZAHAB, DIRASAH AL MUQORRONAH FI SUNAN ABI DAUD RAQM 4236 WA SUNAN AL NASA I RAQM 5148

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salam, Abdus (2013) TAHALLI AL MAR AH BI ADZ DZAHAB, DIRASAH AL MUQORRONAH FI SUNAN ABI DAUD RAQM 4236 WA SUNAN AL NASA I RAQM 5148. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftarisi.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftarpustaka.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Sudah menjadi tabiat manusia, senang kepada keindahan dan kemilauan atas cahaya yang memantul dari barang barang dunia. Hal ini dimaklumi karena Allah subhanahuwata ala yang menciptakan manusia dan kemilau tersebut, telah mengisyaratkan tabiat ini dalam banyak ayat dalam Al Quran, yang mengajarkan pada manusia tentang kisah kisah yang buruk seperti pada kisah Qorun yang terpukau dengan kemilau harta dan emasnya, atau yang baik seperti janji Allah yang akan membangunkan kita istana dari kaca, cangkir dari perak, pakaian dari sutra serta piring dari emas yang semuanya abadi dan akan didapatkan oleh ahli surge atas rahmat Nya.
Dalam skripsi ini, penulis membahas tentang perbedaan hadis berhiasnya perempuan dengan emas yang terdapat dalam hadis Sunan Abu Daud Nomor Indeks 4236 dan Sunan al Nasa I Raqm 5148. Makna dalam hadis ini, terdapat perbedaan tentang perempuan memakai Emas yang satu membolehkan yang satu lagi melarang. Lalu bagaimana kita menyikapi apabila ada dua hadis yang bertentangan
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah library research atau penelitian kepustakaan, dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan menelusuri kitab Sunan Abu Daud dan Sunan al Nasai, kemudian melakukan takhrij, yaitu menelusuri kitab kitab lain yang terkait dengan hadis yang dikaji. Penelitian ini kemudian dianalisa dengan melakukan kritik terhadap sanad dan matan hadis. Langkah penelitian yang pertama adalah mengetahui kualitas sanad hadis. Dari proses penelitian, didapatkan bahwa hadis Sunan Abu Daud dan Sunan al NasaI ini sama hasan. Tapi bertentangan dari segi matannya dan maknanya, Karena keduanya sama sama hasan maka dilakukan metode Ihktilaful Hadis yaitu pertama dengan al jam u, kedua Ar Rajih, ketiga Nasyihk wa Mansuhk, yang keempat Al tauquf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salam, AbdusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Dzahab; Abu Daud; Al-Nasai
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 08:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11005

Actions (login required)

View Item View Item