AL ANASHIR AL DAKHILIYAH FI RIWAYAH AL RIJL AL LADZI AMAN LI NAJIB AL KAILANI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddah, Rofiah (2014) AL ANASHIR AL DAKHILIYAH FI RIWAYAH AL RIJL AL LADZI AMAN LI NAJIB AL KAILANI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftra isi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Novel Al-Rajul Al-Ladzi Amana adalah sebuah novel yang menggambarkan kisah perjalanan seorang lelaki yang mencari kebenaran dalam kehidupan yang lebih baik dan dalam novel ini pencarian tersebut adalah pencarian kebenaran dalam agama. Awalnya tokoh utama bernama Iryan ini beragama Kristen anak seorang pendeta terkenal di daerah Roma Italia mengembara ke daerah Timur Dubai. Iryan gelisah karena menjalin cinta beda agama dengan seorang penari bernama Syams. Syams adalah wanita yang membuka hati Iryan untuk belajar dan mempelajari agama Islam dengan sungguh-sungguh dan akhirnya memilih agama Islam dengan mengucap dua kalimat syahadat.
Rumusan masalah yang dikemukakan dalam skripsi ini meliputi dua hal, yaitu:
1. Apa unsur-unsur intrinsik dalam novel “Al-Rajul Al-Ladzi Amana” karya Najib Al-Kailani?
2. Bagaimana penerapan unsur intrinsik dalam novel “Al-Rajul Al-Ladzi Amana” karya Najib Al-Kailani?
Novel karya Najib Al-Kailani ini sangat menarik untuk dikaji karena disamping dari segi tema, tokoh, alur, setting dan amanatnya yang menarik juga gaya bahasa yang dipakai sangat menarik untuk diteliti. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menelitinya dengan menggunakan teori struktualisme. Teori strukturalisme yaitu teori yang dipakai untuk melihat unsur-unsur yang membangun suatu karya tersebut, tersusun dan saling berkaitan atau biasa dikenal dengan pendekatan intrinsik.
Dengan demikian, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memaparkan dan menganalisa unsur-unsur intrinsik novel Al-Rajul Al-Ladzi Amana karya Najib Al-Kailani yang di Indonesia sudah diterjemahkan dengan judul “Melodi Kaki Langit” yang baru diterbitkan tahun 2009.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa unsur intrinsik dalam novel “Al-Rajul Al-Ladzi Amana” karya Najib Al-Kailani itu meliputi 6 macam, yaitu: tema, setting, penokohan, alur, gaya bahasa dan amanah. Tema dari novel tersebut adalah perjalanan menuju kebenaran yang hakiki, adapun tokoh utama dalam novel ini adalah Iryan dengan menggambarkan tiga setting yaitu: tempat, waktu dan sosial. Alur yang dipakai yaitu alur maju dengan bahasa yang indah dan menarik, sementara itu amanat dalam novel adalah keseriusan dan optimis dalam pencarian jati diri merupakan liku-liku perjalanan menuju kebenaran, meskipun banyak pihak yang tidak suka, jika terbukti baik pasti akan diterima pula dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Burhan Jamaluddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddah, RofiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Novel; Melodi; Bahasa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2015 03:46
Last Modified: 03 Feb 2015 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item