Wanita berbentuk setan pemaknaan hadis dalam kitab Sunan al Tirmidzi nomor indeks 1161

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Latifah (2013) Wanita berbentuk setan pemaknaan hadis dalam kitab Sunan al Tirmidzi nomor indeks 1161. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dan data dalam penelitian ini bersumber dari dokumen perpustakaan tertulis, seperti kitab, buku ilmiah, dan referensi tertulis lainnya. Adapun data primer dalam penelitian ini adalah kitab Sunan al Tirmidhi, sedangkan data pelengkap diperoleh dari berbagai buku dan literatur tertulis lainnya. Adapun langkah langkah dalam penelitian ini meliputi takhrij, iktibar, penelitian sanad dengan pendekatan ilmu hadis diantaranya tarikh al Ruwah dan jarh wa takdil, serta pelitian matan dengan menggunakan pendekatan kebahasaan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas hadis dalam Sunan al Tirmidhi nomor indeks 1161 dan juga untuk mengetahui pemaknaan hadis tentang wanita berbentuk setan dalam tersebut karena wanita adalah sosok yang sangat indah dan memiliki kepribadian yang lebih lembut daripada pria. Sedangkan setan pada umumnya dipahami sebagai sosok yang menakutkan, durhaka dan menyesatkan. Jika hadis tersebut dipahami dengan makna hakiki maka akan menimbulkan kesan misoginis terhadap Rasulullah. Oleh karena itu, hadis tersebut dipahami dalam makna majazi, dan hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah pemahaman dalam pemaknaan hadis. Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini ialah kualitas sanad hadis dalam Sunan al Tirmidhi nomor indeks 1161 dinyatakan shahih karena sanadnya dinilai bersambung, terhindar dari shadh dan illat, serta perawi dalam sanad tersebut dinyatakan thiqqah karena terhindar dari hal hal yang dapat melemahkannya. Adapun kualitas matan hadis juga bernilai shahih.Hal itu dikarenakan tidak adanya pertentangan dengan Al quran dan hadis lain yang bernilai sahih, serta tidak bertentangan dengan akal sehingga matan hadis tersebut dinyatakan terhindar dari shadh dan illat dan tidak diragukan lagi ke shahihannya. Jadi, hadis dalam Sunan al Tirmidhi nomor indeks 1161 bernilai shahih. Adapun pemaknaan hadis tentang wanita berbentuk setan ialah wanita memiliki bentuk yang indah dan mempesona sehingga sangat berpotensi membuat kaum pria tergoda. Hadis tersebut berisi peringatan terhadap kaum pria karena Allah sudah menjadikan hati pria cenderung menyukai wanita, dan anjuran untuk mendatangi istrinya ketika merasa tergoda terhadap wannita lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, LatifahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Wanita
Uncontrolled Keywords: Wanita; Setan; Sunan al Tirmidzi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2014
Last Modified: 06 Nov 2017 04:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10996

Actions (login required)

View Item View Item