PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MEDIA PAPAN ORGAN TUBUH PADA MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V MI MIFTAHUL ULUM 2 NGULING

Yulia, Ema (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MEDIA PAPAN ORGAN TUBUH PADA MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V MI MIFTAHUL ULUM 2 NGULING. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA sering dihadapkan pada masalah di mana peserta didik tidak dapat memahami materi yang telah dipelajari sebelumnya. Akibatnya, tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan tidak dapat tercapai secara maksimal. Hal ini terbukti dari pengamatan yang telah dilakukan pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum 2 Nguling Pasuruan saat pembelajaran IPA. Dari hasil ulangan tentang mata pelajaran IPA tersebut didapat persentase ketuntasan di bawah 60 % dari 19 siswa hanya 2 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 80, dua siswa mendapat nilai 70, enam sisiwa mencapai tingkat penguasaan 60 %,sedangkan 9 siswa mendapat penguasaan di bawah 60 %. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis masalah sebagaimana uraian di atas maka dapat dirumuskan sebuah permasalahan yaitu Bagaimana penggunaan media papan organ tubuh manusia di kelas V MI Miftahul Ulum 2 Nguling. Bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman siswa pada materi peredaran darah manusia di kelas V MI Miftahul Ulum 2 Nguling.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas, yang menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan media papan organ tubuh. Penelitian ini berangkat dari masalah yang didapat di lapangan, kemudian dianalisis dan direfleksikan. Berdasarkan teori yang menunjang, kemudian dilaksanakan tindakan di lapangan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2, Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu penyusunan rencana tindakan, melaksanakan tindakan, melaksanakan observasi, membuat analisis dilanjutkan dengan refleksi. Pada penelitian ini yang melaksanakan mengajar adalah guru kelas V MI Miftahul Ulum 2 Nguling dibantu oleh Istiana, SPdI. Selaku teman sejawat yang bertugas mengamati dan mengumpulkan data selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Sedangkan sebagai populasinya adalah siswa-siswi kelas V MI Miftahul Ulum 2 Nguling yang jumlahnya 19 siswa.
Hasil evaluasi dari siklus 1 tingkat pemahaman meningkat rata-rata menjadi 71,58 % sedangkan untuk siklus 2 meningkat menjadi 86,84. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman peredaran darah manusia dapat dicapai dengan menggunakan media papan organ tubuh pada materi peredaran darah manusia di kelas V MI Miftahul Ulum 2 Nguling Pasuruan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jauharoti Alfin
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Siswa; Media Papan Organ Tubuh; Peredaran Darah Manusia
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendekatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2015 01:50
Last Modified: 24 Feb 2015 01:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item