ANCAMAN BAGI HOMOSEKSUAL DALAM HADIS SUNAN AL TIRMIDHI NO INDEKS 1456

Nuriyanti, Nuriyanti (2013) ANCAMAN BAGI HOMOSEKSUAL DALAM HADIS SUNAN AL TIRMIDHI NO INDEKS 1456. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Hadis adalah sumber kedua dari Alquran, namun untuk mengetahui otentisitas hadis memang berbeda dengan Alquran, karena pembukuan hadis baru dilakukan sekitar abad kedua hijriyah. Rentang waktu hampir 200 tahun itu cukup memberi peluang bagi kemungkinan terjadinya keragaman teks. Dengan melihat latar historis yang seperti inilah penelitian hadis masih perlu dilakukan untuk memenuhi khazanah intelektualitas Muslim dalam memahami landasan suatu problematika dengan melalui pemahaman pada Al-Sunnah. Salah satu hadis yang perlu untuk dikaji terutama pada sisi kualitas dan substansinya adalah hadis tentang ancaman bagi homoseksual yang ancamannya dibunuh seperti yang tercantum dalam Sunan al-Tirmidhi dengan no indeks 1456.
Agama Islam telah menegaskan bahwa hukum melakukan perbuatan kaum nabi Lut (Homoseksual) adalah termasuk zina. Sedangkan perbuatan zina dibenci oleh Allah, sehingga seseorang yang melakukan zina tersebut mendapat hukuman yang berat, seperti halnya dirajam, dicambuk dan diasingkan. Sedangkan homoseksualitas merupakan perbuatan yang lebih hina daripada zina, sehingga hukumannya lebih berat daripada zina yaitu dirajam, dicambuk, diasingkan, dan dibunuh. Dengan demikian penelitian ini difokuskan pada hukuman bagi homoseksualitas yang dibunuh. Untuk penelitian tersebut, menghimpun beberapa rumusan masalah sebagai berikut: 1) bagaimana kualitas hadis homoseksual yang ancamannya dibunuh 2) bagaimana kehujjahan hadis homoseksual yang ancamannya dibunuh 3) bagaimana pemaknaan hadis homoseksual yang ancamannya dibunuh. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) Jadi, pengumpulan data di atas diperoleh dengan meneliti kitab Sunan al-Tirmidhi dan dibantu dengan kitab dan buku standart lainnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij, kritik sanad dan kritik matn yang semua itu disebut dengan ilmu al-Jarh wa al-Tadil. Sehingga hadis tersebut diketahui kualitasnya.
Dari proses penelitian, didapatkan hasil bahwa status hadis riwayat al-Tirmidhi pada tema ini adalah hasan. Dikatakan demikian, disebabkan terdapat salah satu perawi yang tingkat ke-dabit-annya kurang kuat dan mempunyai kelemahan, akan tetapi letak kelemahan ini tidak berat sehingga hadis tentang ancaman homoseksualitas berstatus hasan lidhatihi dan layak untuk dijadikan landasan atau dasar (hujjah) dalam kehidupan sosial pada masa sekarang ini karena pada zaman modern ini banyak orang yang melakukan perbuatan zina.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhid
Uncontrolled Keywords: Tirmidhi, Homoseksual
Subjects: Toleransi Islam
Hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2014
Last Modified: 01 Apr 2015 02:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10965

Actions (login required)

View Item View Item