PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marufah, Abidatul (2013) PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Pemahaman tentang manfaat matematika dalam kehidupan sangat berperan penting untuk memotivasi siswa mempelajari matematika. Pembelajaran awal matematika lebih tepat jika memanfaatkan lingkungan yang dekat dengan kehidupan siswa. Masalah matematika merupakan soal matematika yang tidak rutin bagi siswa dan disajikan dalam bentuk soal cerita. Masalah matematika dapat melatih siswa dalam menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh ke dalam masalah yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan tujuan mengungkap profil kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan Adversity Quotient. Siswa diberikan angket ARP dan diminta untuk mengisi angket tersebut sesuai petunjuk yang diberikan. ARP (Adversity Response Profile) untuk mengklasifikasikan siswa ke dalam kategori climber, camper dan quitter. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Bahrul Ulum Mojokerto sebanyak 6 siswa yaitu 2 siswa climber, 2 siswa camper, 2 siswa quitter. Kemudian siswa diberikan lembar tugas dengan soal cerita. Sambil mengerjakan soal dilakukan wawancara dengan subjek penelitian, wawancara dilakukan untuk mengetahui profil kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melakukan rencana penyelesaian siswa climber termasuk baik, sedangkan kemampuan untuk melihat kembali penyelesaian termasuk cukup. Kemampuan memahami masalah pada siswa camper termasuk baik, sedangkan kemampuan merencanakan penyelesaian dan melakukan rencana penyelesaian termasuk baik dan untuk kemampuan melihat kembali penyelesaian termasuk kurang. Kemampuan memahami masalah untuk siswa quitter termasuk baik, sedangkan kemampuan merencanakan penyelesaian dan melakukan rencana penyelesaian termasuk cukup dan untuk kemampuan melihat kembali penyelesaian termasuk kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Lubab
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marufah, AbidatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: Profil kemampuan menyelesaiakan masalah; Masalah matematika; Adversity Quotient
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2014
Last Modified: 17 Apr 2015 05:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10944

Actions (login required)

View Item View Item