IDENTIFIKASI INTELEGENSI GANDA SISWA KELAS III SD DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED DENGAN TEMA CINTA LINGKUNGAN SEHAT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyasari, Nur (2013) IDENTIFIKASI INTELEGENSI GANDA SISWA KELAS III SD DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED DENGAN TEMA CINTA LINGKUNGAN SEHAT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab6.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar Pustaka.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Maju atau tidaknya suatu negara dapat dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Apabila output dari proses pendidikan gagal, sulit dibayangkan bagaimana suatu bangsa dapat mencapai kemajuan. Untuk itu pemerintah senantiasa melakukan perbaikan mutu pembelajaran. Harapan tersebut juga dapat diwujudkan melalui strategi pembelajaran yang relevan oleh pendidik. Sesuai harapan tersebut maka untuk kelas awal sekolah dasar sebaiknya diterapkan pembelajaran terpadu yaitu pembelajaran di mana siswa dapat mengeksplorasi pengetahuan mereka dalam berbagai matapelajaran yang berkaitan dengan aspek-aspek tertentu dari lingkungan mereka. Penerapan pembelajaran tematik di sekolah dasar akan sangat membantu siswa karena sesuai dengan tahap perkembangannya yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistic). Dari kesepuluh tipe pembelajaran terpadu menurut Prabowo terdapat tiga tipe yang layak untuk dikembangkan dan mudah dilaksanakan pada pendidikan formal, salah satunya adalah tipe webbed. Pembelajaran terpadu tipe webbed memungkinkan siswa dalam melaksanakan berbagai aktifitas.Dengan adanya aktifitas-aktifitas yang dilakukan oleh siswa maka akan terlihat jenis intelegensi ganda yang terdapat pada diri seseorang siswa. Dalam proses pembelajaran menurut Gardner setiap orang paling tidak memiliki sembilan kecerdasan intelegensi ganda yang dapat ditumbuhkembangkan.
Masalah diatas menarik peneliti untuk melakukan penelitian di SDN Margorejo 7 Surabaya dengan subjek penelitian 6 siswa kelas 3 yang terdiri dari 2 siswa masing-masing dari kelompok berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Sumber data penelitian diperoleh dari data pengamatan intelegensi dengan menggunakan instrumen berupa rubrik pengamatan intelegensi ganda siswa dalam proses pembelajaran terpadu tipe webbed.
Dari hasil penelitian tersebut diperoleh Subjek K1 memiliki intelegensi linguistik yang baik, intelegensi matematis logis yang baik, intelegensi interpersonal yang baik dan intelegensi kinestetik yang kurang baik. Subjek K2 memiliki intelegensi linguistik yang baik, intelegensi matematis logis yang tidak baik, intelegensi interpersonal yang baik dan intelegensi kinestetik yang baik. Subjek S1 memiliki intelegensi linguistik yang baik, intelegensi matematis logis yang kurang baik, intelegensi interpersonal yang baik dan intelegensi kinestetik yang kurang baik. Subjek S2 memiliki intelegensi linguistik yang baik, intelegensi matematis logis yang kurang baik, intelegensi interpersonal yang baik dan intelegesi kinestetik yang kurang baik. Subjek T1 memiliki itelegensi linguistik sangat baik, intelegensi matematis logis kurang baik, intelegensi interpersonal yang baik dan intelegensi kinestetik yang kurang baik, Subjek T2 memiliki intelegensi linguistik sangat baik, intelegensi matematis logis sangat baik, intelegensi interpersonal yang baik dan intelegensi kinestetik yang kurang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Siti Lailiyah M.SI.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyasari, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Tematik, webbed, intelegensi linguistik, intelegensi matematis logis, intelegensi interpersonal dan intelegensi kinestetik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 08:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10936

Actions (login required)

View Item View Item