PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN METODE ARTIKULASI DI SD DARUL ULUM BUNGU RASIH SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baihaqi, Imron (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN METODE ARTIKULASI DI SD DARUL ULUM BUNGU RASIH SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
babb 5.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti yang dilakukan di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo, selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran SKI adalah metode ceramah dan bercerita. Metode ceramah masih menjadi pilihan dalam pembelajaran SKI, sehingga siswa cenderung kurang semangat dalam pembelajaran. Maka dari itu dibutuhkan suatu metode baru dalam pembelajaran SKI yang dapat membatu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan mengunakan metode artikulasi ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI kelas IV di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo.
Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu : 1) Menerapkan metode artikulasi dalam pembelajaran yang bisa memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar. 2) Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model dari Kemmis dan MC Tanggart yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keberhasilan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode artikulasi, yaitu ditunjukkan dengan adanya perubahan motivasi belajar yang dapat dilihat berdasarkan perolehan jumlah skor angket motivasi yaitu 51, 17% pada siklus I, dan meningkat menjadi 85,0% pada siklus II.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa yang lain, para tenaga pengajar, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baihaqi, ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode Artikulasi; Motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 04:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10932

Actions (login required)

View Item View Item