PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA JAWA KRAMA DENGAN METODE PACELATHON PADA SISWA KELAS III DI SD YAMASTHO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Machsunah, Siti (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA JAWA KRAMA DENGAN METODE PACELATHON PADA SISWA KELAS III DI SD YAMASTHO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil pengamatan di SD Yamastho Surabaya adalah (1) siswa masih kesulitan dalam berbicara bahasa Jawa Krama secara lisan, (2) siswa masih kesulitan dalam penguasaan kosa ata bahasa Jawa, (3) siswa kurang aktif dalam pembelajaran bahasa Jawa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran pacelathon pada materi pokok bahasa Jawa Krama, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan siswa kelas III SD Yamastho dalam berbicara bahasa Jawa Krama dengan menggunakan metode pacelathon. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran metode pacelathon, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara bahasa Jawa krama dengan diterapkannya metode pembelajaran pacelathon pada materi pokok bahasa Jawa Krama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan penenlitian data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. setiap siklus dilaksanakan melalui melalui 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes performance, dan dokumentasi. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan prosentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Yamastho yang berjumlah 38 siswa.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Metode dalam penelitian ini telah dilaksanakan dengan baik pada siklus I dan siklus II. Namun pada siklus I menggunakan media wayang, tetapi juga terdapat revisi pada aspek metode pembelajaran. (3) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi beerbicara Bahasa Jawa Krama mata pelajaran Bahasa Jawa kelas III SD Yamastho Surabaya dengan kategori Sangat Baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 80.96 dengan prosentase KKM sebesar 43.33% Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 93.67 dengan prosentase KKM sebesar 90%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: H. Badaruddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Machsunah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? P_Bhsd ??
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Jawa, Metode Pacelathon
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 17 Apr 2015 05:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item View Item