PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN GUBENG III-206 SURABYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Holyyah, Wardatul (2013) PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN GUBENG III-206 SURABYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Peneliti ini dilakukan berdasarkan hasil proses kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPA pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan yang dilakukan oleh guru. Dimana masih ada 9 peserta didik dari 29 peserta didik yang kurang memenuhi Kritreria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolahan yaitu 75, dikarenakan peserta didik terlihat kurang aktif dan kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran IPA dikelas. Peserta didik masih banyak yang mengobrol sendiri dengan teman sebangkunya, tidak memperhatikan guru yang ada di dalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Maka
dari itu perlu diterapkan pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif, dimana akan memudahkan seorang guru dalam proses belajar mengajar, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan pada dua siklus.
Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan kelas IV SDN Gubeng III-206 Surabaya? (2)Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan kelas IV SDN Gubeng III-206 Surabaya dengan strategi pembelajaran inkuiri ?
Peneliti ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti ini menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh kemmis dan taggart yang dalam siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan di kelas IV berjalan dengan baik, dibuktikan dengan hasil lembar observasi guru pada siklus 1 sebesar 68 % dan pada siklus II sebesar 92% dan hasil observasi siswa pada siklus 1 sebesar 68,4% dan pada siklus II sebesar 93%. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa ini dibuktikan dengan perolehan prosentase pada siklus 1 sebesar 72,4 % dan hasil prosentase pada siklus II sebesar 96,5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Chairati Saleh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Holyyah, WardatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Inquiry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 16 Apr 2015 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10911

Actions (login required)

View Item View Item