UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DI MI ISLAMIYAH BABAT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Novia (2013) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DI MI ISLAMIYAH BABAT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

latar belakang penulisan ini adalah kurang adanya motivasi yang timbul dari siswa, baik itu motivasi internal maupun motivasi eksternal. Hal ini terlihat ketika proses belajar mengajar berlangsung siswa berbicara sendiri dengan teman sekelilingnya tanpa memerhatikan guru menerangkan pelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut penulis mengambil pembelajaran melalui media visual kartun untuk mengatasi problem yang ada dikelas IV MI Islamiyah Babat pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Daily Activity. Dalam penulisan ini ada beberapa rumusan masalah yang harus dibahas pada kajian teori dan hasil penulisan, rumusan masalah tersebut adalah bagaimana penerapan media visual kartun dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam penerapan kosa kata Bahasa Inggris di MI Islamiyah Babat dan yang kedua bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media visual kartun.
Penulisan tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif yang di kenal dengan metode kombinasi. Jadi metode kombinasi adalah metode penulisan yang menggabungkan antara dua metode yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Model penulisan kelas yang digunakan dalam penulisan ini adalah model Kemmis dan Teggart. Ada beberapa teknik dalam pengumpulan data pada penulisan ini, yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Data kualitatif yang digunakan penulis di analisis diskriptif dan yang kualitatif di analisis menggunakan rumus rata-rata dan presentase.
Berdasarkan latar belakang diatas mka penulis melakukan tindakan dengan menggunakan media visual kartun. Media tersebut adalah alat yang digunakan penulis untuk meningkatkan motivasi yang dimiliki oleh peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data serta alat yang digunakan penulis untuk mengukur tingkat motivasi siswa adalah angket, lembar observasi siswa dan guru serta dokumentasi selama proses belajar mengajar.
Berdasarkan hasil dari Semua komponen dan teknik pengumpulan data dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dimulai dari aktivitas siswa yang pada siklus satu meningkat hingga 21% dengan rata rata pada siklus I adalah 66% dan siklus yang kedua adalah 88%. Sedangkan hasil dari aktivitas guru mengalami peningkatan hingga 22% dengan rata-rata pada siklus I adalah 62% dan pada siklus II adalah 84%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Zudan Rosydi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, NoviaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Media visual kartun; Motivasi; Pembelajaran; bahasa inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 01 Apr 2015 02:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item