UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IDGHOM BIGHUNNAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MI MAARIF SUKODONO SIDOARJO

Madikhah, Afifatul (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IDGHOM BIGHUNNAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MI MAARIF SUKODONO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Al-Quran Hadits materi idghom bighunnah di kelas IV MI Maarif dapat dikatakan belum optimal karena guru hanya menggunakan metode ceramah, padahal dalam melakukan pembelajaran Al-Quran Hadits pada materi idghom bighunnah. Guru memerlukan metode demonstrasi untuk menerapkan pada siswa kelas IV bagaimana cara membaca Al-Quran dengan bacaan idghom bighunnah yang baik dan benar. Selain itu yang menyebabkan siswa mengalami penurunan hasil belajar adalah kurangnya pengetahuan siswa tentang ilmu tajwid dan mayoritas siswa kelas IV kurang lancar dalam membaca Al-Quran. Dalam menanggapi hal tersebut, maka diharapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi idghom bighunnah di MI Maarif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pelajaran Al-Quran Hadits di kelas IV MI Maarif? 2) Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Maarif?
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Maarif tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa terdiri dari 21 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, dalam setiap siklus diksanakan dengan 4 tahap 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Adapun analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk memperoleh hasil pengamatan atau observasi terhadap kegiatan guru dan siswa. Sedangkan data kualitatif digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa kelas IV pada materi idghom bighunnah dengan metode demonstrasi pada tiap siklus.
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran idghom bighunnah. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata tes formatif sebelum dilakukan penelitian sebesar 35,7%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60,7% dan pada siklus II sebesar 100%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Munawir
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Idghom Bighunnah; Metode Demonstrasi
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 17 Apr 2015 05:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10903

Actions (login required)

View Item View Item