PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI STRATEGI MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 TRENGGALEK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lilis, Anniswatul Malihah (2013) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI STRATEGI MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 TRENGGALEK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Arah Kebijakan Pembangunan Nasional Tahun 2010-2012, pendidikan karakter merupakan satu kesatuan program sekolah yang harus dilaksanakan. Salah satu perencanaan pengembangan pendidikan budaya dan karakter adalah dengan pembelajaran pada tiap mata pelajaran dan muatan lokal. Materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap mata pelajaran dan muatan lokal perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari.
Pentingnya pendidikan karakter adalah banyaknya generai muda yang mengalami erosi, pudar dan kering keberadaanya dan terjadi detolisasi kehidupan yang diukur dengan uang yang dicari dengan menghalalkan segala cara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter dengan menggunakan strategi mengajar guru pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Trenggalek. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah tringulasi dengan analisis deskriptif.
Dari hasil analisis dibuktikan bahwasanya penerapan pendidikan karakter melalui strategi mengajar guru pendidikan agama islam sudah cukup berjalan dengan baik.mnggunakan strateegi konstektual Dengan cara digabungkan ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan pembiasaan. Meski ada beberapa pendidikan karakter yang belum bisa dijangkau secara total, namun secara keseluruhan proses pembelajaran sudah memunculkan pendidikan karakter dalam diri siswa. Namun dalam pelaksnaannya ada kegiatan yang tidak dilakukan secara maksimal.
Adapun faktor pendukung dari penerapan itu adalah adanya dukungan dari para guru dan tersedianya sarana prasarana. Faktor penghambatnya dimana kurang adanya minat dan kemampuan siswa, dukungan dari lingkungan luar sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moch. Tolchah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lilis, Anniswatul MalihahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Pendidikan Agama Islam; Strategi Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 00:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10898

Actions (login required)

View Item View Item