KURIKULUM INTEGRAL : STUDY TENTANG PENINGKATAN KUALITAS PEMAHAMAN MATERI PAI SISWA DI SMP AL-FALAH DELTASARI MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Reni (2013) KURIKULUM INTEGRAL : STUDY TENTANG PENINGKATAN KUALITAS PEMAHAMAN MATERI PAI SISWA DI SMP AL-FALAH DELTASARI MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Fokus Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Kurikulum Integral (Study Tentang Peningkatan Kualitas Pemahaman Materi Pai Siswa di Smp Al-Falah Deltasari Melalui Pengembangan Kurikulum).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru, kepala sekolah, dan para siswa di SMP al-Falah Deltasari dengan mencari data melalui interview, observasi dan menggunakan administrasi yang ada.
Akhir dari penelitian ini, peneliti memperoleh kesimpulan bahwa bentuk kurikulum integral di SMP al-Falah Deltasari adalah kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam setiap pembelajaran yang disebut dengan Kurikulum INIS. Kurikulum ini memadukan berbagai macam kurikulum yang sudah ada seperti Kurikulum Kemendiknas, Kemenag, TPQ dan Kurikulum yang didesign sendiri oleh Lembaga Pendidikan al-Falah. Integrasi nilai-nilai keislaman tersebut diambil dari al-Quran, al-Hadits, pendapat ulama, kata hikmah, hasil riset ilmiah, pesan moral dan pengalaman spiritual. Melalui upaya mengintegrasikan nilai-norma serta materi-materi keislaman (dengan rujukan Al Quran dan Hadits) ke dalam semua bidang pendidikan dan pengajaran.
Dalam pelaksanaanya, kurikulum integral di SMP al-Falah Deltasari sudah diterapkan dalam setiap kegiatan pembelajatan. Penerapan ini berlaku melalui tiga jalur, yakni menejemen sekolah, praktek pembelajaran dan administrasi pembelajaran di kelas maupun di luar kelas serta integrasi yang ditanamkan dalam pembelajaran ekstrakurikuler.
Pemahaman siswa pada bidang Studi Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya kurikulum integral (INIS) adalah sangat baik dan sangat meningkat. Hal ini ditandai dengan kemampuan siswa untuk mencerna secara cermat dan tepat materi PAI serta pelaksanaan praktek ibadah yang tertib.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syaifuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, ReniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Integral, INIS, Pemahaman, Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 00:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10891

Actions (login required)

View Item View Item