PENGARUH KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IKAN KERAPU KELURAHAN PERAK BARAT KECAMATAN KREMBANGAN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laila, Siami (2013) PENGARUH KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IKAN KERAPU KELURAHAN PERAK BARAT KECAMATAN KREMBANGAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Di zaman globalisasi dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi ini ikut menuntut kemajuan dalam segala sektor terutama dalam pendidikan. Hal ini terlihat dengan adanya persaingan pasar bebas sekaligus pergaulan bebas. Dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah merambah pada sisi perilaku dan sopan santun pada seseorang. Ini sering diperlihatkan pada media elektronika maupun media cetak. Untuk menanggulangi serta mencegah dampak yang tidak diinginkan maka perlu adanya filterisasi atau penyaringan pada diri anak melalui enanaman keimanan melalui pendidikan agama Islam. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir dampak yang kurang baik akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Melalui dunia pendidikan yang ada di sekolah khususnya guru bidang studi agama Islam mengadakan kunjungan ke rumah maupun dengan menggunakan buku penghubung yang harus diisi oleh orang tua sebagai bentuk sekaligus realita kerjasama dalam meningkatkan sekaligus mengawasi kondisi anak ketika berada di lingkungan keluarga. Adapun sebaliknya orang tuapun juga mengadakan kunjungan ke sekolah (bersilaturrahmi) dengan tujuan melihat sekaligus memantau kegiatan anak ketika berada di lingkungan sekolah.
Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar anak terutama dalam bidang studi agama Islam yang nantinya dengan keimanan yang kaffah anak dapat menerapkannya dalam perilaku sehari-hari dengan berakhlak karimah baik terhadap guru, orang tua, teman maupun sesama makhluk.
Berdasarkan hasil analisis penulis, dengan adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua terutama dalam prestasi bidang studi agama Islam mempunyai pengaruh yang sangat tinggi dan kuat, sehingga prestasi yang dimiliki oleh anak mempunyai rata-rata cukup baik. Disamping itu anak juga dapat menunjukkan akhlak yang mulia baik ketika berada di lingkungan keluarga maupun dimasyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : SOLEHAN
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laila, SiamiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Kerjasama Guru; Orang Tua; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 00:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item