PENGARUH STRATEGI THINK, TALK, WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM KELAS IX-B SMP WACHID HASYIM 4 SURABAYA

Masykuri, Muh. (2013) PENGARUH STRATEGI THINK, TALK, WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM KELAS IX-B SMP WACHID HASYIM 4 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Strategi Think, Talk, Write (TTW) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Agama Islam Kelas IX-B SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya,ini menjawab pertanyaan 1) Bagaimana strategi Think, Talk, Write (TTW) pada Pembelajaran Agama Islam kelas IX-B. 2) Bagaimana keaktifan siswa pada Pembelajaran Agama Islam kelas IX-B dengan menggunakan Strategi Think, Talk, Write. 3) Bagaimana pengaruh strategi Think, Talk, Write terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX B.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, dalam penelitian ini, penulis mengunakan metode Eksperiment One Group Pre Test-Post Test Design, dengan mengunakan tes sebelum memberikan perlakuan (pre test) memberi perlakuan (mengajar dengan menggunakan strategi Think, Talk, Write) dan tes sesudah memberikan perlakuan (post test) dan selain itu penulis juga mengali data dengan observasi dan interview.
Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Think, Talk, Write (TTW) dilaksanakan dengan menyiapkan materi pelajaran yang akan dibagikan pada setiap kelompok. Kemudian siswa dibagi menjadi lima kelompok, dan tiap kelompak mendapatkan meteri pembahasan yang akan dikerjakan dengan kelompok.
Setelah itu setiap kelompok mendapat giliran untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dan diakhir setiap kelompok mengumpulkan tulisan hasil diskusi setiap kelompok.
Dari hasil pre test hanya tiga siswa yang mendapatkan nilai diatas 70, selebihnya dibawah 65. Akan tetapi setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan strategi Think, Talk, Write teryata hasil belajar meraka meningkat pada post test. Dari hasil post test menunjukkan bahwa tujuh siswa mendapatkan nilai 100, sembilan siswa mendapat nilai 95, dan sembilan belas siswa mendapat nilai 90.
Hasil pelaksaan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Think, Talk, Write (TTW) terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Agama Islam Kelas IX-B SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya terbukti efektif.
kesimpulannya adalah ada pengaruh Pengaruh Strategi Think, Talk, Write (TTW) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Agama Islam yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing Drs. Sutiyono, MM
Uncontrolled Keywords: pengaruh, Pembelajaran, Agama Islam, keaktifan
Subjects: Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 16 Apr 2015 07:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10859

Actions (login required)

View Item View Item