PENGARUH KURIKULUM MUATAN LOKAL TERHADAP KARAKTER SISWA DI MTS NU PLUS BERBEK WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidah, Maulidah (2013) PENGARUH KURIKULUM MUATAN LOKAL TERHADAP KARAKTER SISWA DI MTS NU PLUS BERBEK WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (Field Reseacrh) tentang PENGARUH KURIKULUM MUATAN LOKAL TERHADAP KARAKTER SISWA DI MTS NU PLUS BERBEK WARU SIDOARJO. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai Bagaimana muatan lokal di MTs NU Plus Berbek Waru Sidoarjo, bagaimana karakter siswa di MTs NU Plus Berbek Waru Sidoarjo dan bagaimana pengaruh muatan lokal washoya al aba li al abna dan talim al mutaallim terhadap karakter siswa di MTs NU Plus Berbek Waru Sidoarjo.
Data penelitian ini diperoleh dari sekolah MTs. NU Plus Berbek Waru Sidoarjo yang menjadi obyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, angket, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu memaparkan atau menjelaskan data yang diperoleh dan selanjutnya dianalisis dengan metode induktif, dimulai dari hal hal yang bersifat khusus, yaitu tentang kurikulum muatan lokal dan karakter siswa di MTs NU Plus Berbek Waru Sidoarjo, kemudian ditarik kepada hal hal yang bersifat umum kaitannya dengan pengaruh muatan lokal washoya al aba li al abna dan talim al mutaallim terhadap karakter siswa di MTs NU Plus Berbek Waru Sidoarjo serta ditarik kesimpulan.
Pengakuan keberhasilan menyatakan bahwa kurikulum yang diterapkan di MTs. Nu Plus Waru Sidoarjo adalah kurikulum washoya al aba lil abna dan talimul mutaallim. Dimana kurikulum ini mengajarkan tentang akhlakul karimah dan akhlak yang tercela, baik hubungannya dengan Tuhan hablun mina Allah serta hubungannya dengan manusia hablum mina annas. Sedangkan karakter siswa yang ada di sekolah MTs. NU Plus Berbek Waru Sidoarjo dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan yaitu rumah, dan masyarakat sekitar sehingga pembentukan karakter di sekolah sangat penting dengan mengajarkan kurikulum muatan lokal washoya al aba lil abna dan talimul mutaallim yang memicu karakter siswa karena kurikulum ini mengajarkan tentang akhlak yang baik.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan kurikulum muatan lokal dalam materi washoya al aba lil abna dan talimul mutaallim dapat membentuk karakter siswa karena kurikulum yang diajarkan menjelaskan tentang perilaku dan akhlak yang terpuji baik berperilaku terhadap orang tua, guru, serta masyarakat lainnya. Oleh karena itu pembentukan karakter siswa bisa dibentuk dengan adanya pelajaran washoya alaba lil abna dan talimul mutaallim karena siswa bisa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan sehingga yang dapat memicu pembentukan karakter salah satunya adalah lingkungan sekolah.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka ada beberapa saran yang perlu dicantumkan antara lain pertama bagi Sekolah MTs. NU Berbek Waru Sidoarjo hendaknya tetap menerapkan kurikulum muatan lokal yang berhubungan dengan akhlak yaitu perilaku yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Kedua bagi siswa MTs. NU Plus Berbek waru Sidoarjo hendak tetap berakhlakul karimah meskipun di pengaruhi oleh beberapa lingkungan tetapi harus tetap berkrakter dan berakhlak yang terpuji, karena MTs NU Berbek Waru Sidoarjo adalah generasi penerus bangsa dan agama yang tetap menjalankan norma-norma hukum dan norma-norma agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H.Ah. Zakki Fuad, M.Ag
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidah, MaulidahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: kurikulum muatan local, karakter siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 16 Apr 2015 07:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10856

Actions (login required)

View Item View Item