HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI WANITA ISLAM DENGAN PENDIDIKAN MENTAL AGAMA DI DESA BAPUH BANDUNG KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Arqom (2013) HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI WANITA ISLAM DENGAN PENDIDIKAN MENTAL AGAMA DI DESA BAPUH BANDUNG KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Wanita Islam merupakan bagian yang tak dapat terpisahkan dari masyarakat, oleh karena itu wanita Islam harus memberi sumbangan yang positif bagi terwujudnya pembangunan karena tujuan pembangunan adalah mewujudka nsuatu masyarakat yang adil dan makmur yang merata materil dan spritual. Maka dengan meningkatny apartisispasi serta peranan wanita era pembangunan yang kini sedang giat dilaksanakan menyadari serta menghayat iarti dalam hakekat wanita itu sendiri, baik di pandang dari sudut alamiyah, sosial, budaya serta agama. Keagamaan sangat berpengaruh pada kondisi mental, bahkan agama dapat di jadikanlan dasa untuk membina kesehatan mental serta mampu membentuk dan mengembangkan kepribadian seseorang dan juga menyadari serta menghayati fungsi wanita, hak dan kewajibannya, kedudukan dan peranannya, baik di dalam keluarga maupun masyarakat. Dengan melihat realitas, terdapat kemungkinan bahwa ada hubungan yang cukup signifikan antara peranan wanita islam dengan pendidikan mental agama.
Peranan wanita islam disini dapat dilihat dari bagaimana aktivitas wanita Islam di Desa Bapuh Bandung Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut sehingga tidak terdapat manipulasi variabel. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalu imetode interview, observasi, angket, dandokumentasi. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara partisipasi wanita islam dengan pendidikan mental Agama di Desa Desa Bapuh Bandung Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan atau tidak, penulis menggunakan rumus Product Moment.
Dari hasil penelitian yang didapat bahwa Fatayat dan muslimat NU dalam pendidikan mental Agama mempunyai partisipasi yang baik terhadap pembinaan mental agama bagi generasi muda di desa Glagah.
Peranan yang dilakukaan oleh kedua organisasi dalam pendidikan mental agama dilakukan dengan kegiatan beribadah dan pendidikan, kegiatan dawah Islami, mengadakan pengajian atau dibaan, mengadakan santunan.
Setelah dihitung menggunakan rumus Product Moment diperoleh koefisien korelasinya adalah 0,79, yang berarti korelasi adanya partisipasi wanita islam dengan pendidikan mental Agama di Desa Bapuh Bandung Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan adalah kuat atau tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syaifuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, ArqomUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Keywords: Hubungan; Wanita Islam; Pendidikan Mental Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 08 Nov 2015 10:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10847

Actions (login required)

View Item View Item