PERAN MADRASAH DINIYAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA DI MI ROUDLOTUL ISLAMIYAH SAWOCANGKRING WONOAYU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ikwandi, M. Ripin (2013) PERAN MADRASAH DINIYAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA DI MI ROUDLOTUL ISLAMIYAH SAWOCANGKRING WONOAYU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Madrasah Diniyah sebagai institusi pendidikan Islam yang bermutu dan maju memang masih harus menapaki jalan panjang dan pencapaian tujuan tersebut harus dengan keseriusan dan motivasi tinggi. Para pengelola pendidikan Madrasah Diniyah untuk tidak melulu berharap dan bergantung kepada politik pemerintah, tetapi lebih fokus untuk memberdayakan dirinya sendiri bersama dengan komunitas masyarakat lokal dimana Madarsah Diniyah itu eksis dibarengi dengan inovasi yang terus menerus dalam manajemen pengelolaan pendidikan yang berbasis sumber daya manusia dan tentu saja keikhlasan para pengelola pendidikan Madrasah Diniyah harus tetap menjadi basis inspirasi dan motivasi dalam mengembangkan Madasah Diniyah sebagai sub-kultur pesantren yang merakyat dan adaptif dengan perkembangan zaman. Oleh sebab itu penulis melakukan penelitian dengan tema Peran Madrasah Diniyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama di MI Raudlotul Islamiyah Sawocangkring Wonoayu Sidoarjo.
Berdasarkan dari latar belakang diatas serta dasar pemikiran yang terdapat didalamnya maka rumusan masalah yang peneliti angkat adalah sebagai berikut; Bagaimanakah Peran Madrasah Diniyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Raudlotul Islamiyah Sawocangkring Wonoayu Sidoarjo. Bagaimanakah Peningkatan Mutu Pendidikan di Lingkungan Belajar MI Raudlotul Islamiyah Sawocangkring Wonoayu Sidoarjo.
Penelitian ini dilakukan di MI Raudlotul Islamiyah Sawocangkring Wonoayu Sidoarjo Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif, dimana dengan analisis deskriptif berusaha memaparkan secara detail tentang hasil penelitian sesuai dengan data yang berhasil dikumpulkan sehimgga diperoleh temuan penelitian.
Dari hasil pembahasan dan penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut, Peran Madrasah Diniyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan agama di MI Raudlotul Islamiyah Sawocangkring Wonoayu Sidoarjo adalah (1) Melakukan tambahan jam pelajaran setelah selaseai sekolah. (2) Mengadakan praktek ibadah. (3) Mengadakan program peningkatan mutu (4) Memberikan latihan kitobah dan Qiraah. (5) Fasilitas sarana dan prasarana baik, hal ini dbuktikan dengan fasilitas yang ada sesuai dengan kebutuhan sekolah, sarana dan prasarana lengkap, tidak ada sarana dan prasarana yang rusak
Sedangkan hasil analisis data tentang Hasil Peningkatan Mutu Pendidikan agama di MI Raudlotul Islamiyah Sawocangkring Wonoayu Sidoarjo adalah (1) Prestasi akademik dan Prestasi non akademik siswa baik hal ini di buktikan dengan 50% Nilai lulusan diatas 7, sering mendapatkan juara tingkat kecamatan, dan kota bahkan propinsi, sering mengikuti olimpiade nasional. (2) Proses pembelajaran berlangsung dengan baik hal ini dibuktikan dengan siswa belajar dengan tertib dan tenang, guru selalu kreatif dalam menyampaikan pelajaran, siswa aktif dalam menerima materi pelajaran dan (3) Program/strategi yang dilakukan madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan baik hal ini dibuktikan dengan program yang diadakan slalu mengacu pada PAKEMI, selalu mengadakan kegiatan yang memotivasi siswa agar belajar lebih giat, selalu mengadakan latihan-latihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ikwandi, M. RipinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Keywords: Peran Madrasah Diniyah; Mutu Pendidikan
Divisions: ?? mag_sik ??
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10841

Actions (login required)

View Item View Item