MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK INFARUL GHOY TRITUNGGAL BABAT LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farah, Yati Iqnail (2013) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA PADA KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK INFARUL GHOY TRITUNGGAL BABAT LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bahasa anak usia dini adalah perkembangan bahasa yang harus dimiliki anak sebagai salah satu dari kemampuan dasar, sesuai dengan tahapan usia dan karakteristik perkembangannya Kemampuan berbahasa lisan di kelas A TK Infarul Ghoy Tritunggal Babat Lamongan masih rendah, hanya 36.4 % siswa yang memiliki kemampuan berbahasa lisan tinggi. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan berbahasa lisan, secara khusus mengetahui seberapa besar kemampuan berbahasa lisan melalui penerapan/penggunaan metode bercerita. Rumusan masalah pada penelitian ini 1) bagaimana peran guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa siswa, 2) bagaimana respon anak terhadap metode bercerita, 3) bagaimana perkembangan bahasa anak setelah diterapkannya metode bercerita di TK Infarul Ghoy Tritunggal Babat Lamongan.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas A TK Infarul Ghoy Tritunggal Babat Lamongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Subyek penelitian 22 anak didik terdiri laki-laki 6 anak dan perempuan 16 anak. Penelitian dilakukan selama 2 (dua) siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Planning yaitu merencanakan tindakan yang akan dilakukan, 2) Implementasi yaitu melaksanakan tindakan rencana, 3) Observasi yaitu melakukan pengamatan kemampuan berbahasa lisan dan, 4) Refleksi yaitu melakukan analisis kekuatan dan kelemahan perbaikan pembelajaran. Data penelitian ini adalah data kemampuan berbahasa lisan anak didik, Instrumen pengambilan data dengan lembar pengamatan dan teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kompartif yaitu membandingkan siklus I dan siklus II masing-masing dalam dua pertemuan.
Berdasarkan analisis data diperoleh, kegiatan pembelajaran menggunakan II siklus, sebanyak 4 pertemuan. Pada siklus I pertemuan I jumlah presentasi sebesar 36,4% dilanjut dengan pertemuan II sebesar 54,5%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I 68% dilanjut pertemuan II menjadi 86,4%di , kenaikan ini sudah melampaui ketuntasan belajar.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa data menunjukkan metode bercerita, yang dilakukan berulang-ulang dapat melatih konsentrasi anak dalam meningkatkan keterampilan berbahasa melalui menyimak dan mengungkapkan bahasa pada kelompok A TK Infarul Ghoy Babat Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Abd. Haris
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farah, Yati IqnailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa; Metode Bercerita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 13 Apr 2015 03:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10840

Actions (login required)

View Item View Item