PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PUSAT SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR AL MUSLIM WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahduddin, Ahmad Labiq (2013) PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PUSAT SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR AL MUSLIM WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Dalam era pembangunan dan negara yang sedang berkembang seperti indonesia ini, guru mempunyai peranan penting dalam mengabdi untuk meningkatkan kecerdasan bangsa termasuk bimbingan pada generasi mendatang, maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh seorang pendidik. Oleh karena itu maka guru selalu berperan dalam pembentukan sumberdaya manusia yang pontensial dibidang pembangunan bangsa dan negara. Maka sudah selayaknya guru mempersiapkan diri sebagai individu yang kompeten untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.
Berpegang dari latar belakang diatas maka didapat rumusan masalah sebagai berikut, Bagaimana upaya peningkatkan profesionalisme guru melalui pusat sumber belajar (PSB) di SD Al Muslim Waru Sidoarjo, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peningkatan profesionalisme guru melalui pusat sumber belajar (PSB) di SD Al Muslim Waru Sidoarjo.
Dari perumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan mendiskripsikan upaya peningkatkan profesionalisme guru melalui pusat sumber belajar (PSB) di SD Al Muslim Waru Sidoarjo, mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat peningkatan profesionalisme guru melalui pusat sumber belajar (PSB) di SD Al Muslim Waru Sidoarjo.
Penelitian ini dilakukan di SD Al Muslim Waru Sidoarjo. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau gambaran-gambaran dan bukan angka. Hasil penelitian ini juga diharapkan berguna bagi Kepala Sekolah dan Guru di SD Al Muslim Waru Sidoarjo yang bersangkutan maupun peneliti sendiri.
Dari hasil pembahasan dan penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut, peningkatan profesionalisme guru melalui pusat sumber belajar (PSB) sudah cukup baik, terbukti dengan kemampuan guru membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), selalu membuat persiapan mengajar dengan baik, menggunakan media pembelajaran dengan baik, dan selalu mengadakan evaluasi.
Adapun yang menjadi Faktor yang mendukung upaya peningkatan profesionalisme guru melalui pusat sumber belajar adalah latar belakang pendidikan, kesesuaian pendidikan, dan sarana prasarana. Sedangkan yang menjadi penghambat vi upaya peningkatan profesionalisme guru adalah kurangnya kesadaran guru akan pentingnya peningkatan kompetensi profesional guru dan banyaknya program kegiatan di SD Al-Muslim Waru Sidoarjo, baik kegiatan di luar sekolah maupun di dalam sekolah
Dari uraian diatas sebaiknya kepala sekolah lebih bertanggung jawab dalam bertugas membimbing dan mengarahkan para guru sehingga dapat menumbuhkan kesadaran guru untuk lebih meningkatkan kualitas mengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Husniyatus Salamah Z,
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahduddin, Ahmad LabiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Guru, Pusat Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2014
Last Modified: 13 Apr 2015 03:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item View Item