POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK INDIGO : STUDI KUALITATIF MENGENAI POLA KOMUNIKASI IBU DENGAN ANAK INDIGO

Hariyani, Yunita (2013) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK INDIGO : STUDI KUALITATIF MENGENAI POLA KOMUNIKASI IBU DENGAN ANAK INDIGO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang akan dikaji oleh penulis dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana pola komunikasi orang tua dengan anak indigo, (2) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam komunikasi orang tua dengan anak indigo.
Dalam persoalan tersebut, dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif, yang berguna untuk mengungkapkan fakta dan data, sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif yang dimaksudkan untuk memaparkan dan menggambarkan pola komunikasi orang tua dengan anak indigo dan hambatan-hambatannya secara menyeluruh dan mendalam. Sesuai dengan tersebut, maka tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan beberapa hal: pertama, peneliti menemukan pola komunikasi yang dipakai orang tua dengan anaknya yang indigo, yaitu pola komunikasi primer, pola komunikasi linear, dan pola komunikasi sirkuler. Kedua, orang tua menggunakan teori persuasif dalam berkomunikasi dan dalam mengatasi hambatan-hambatannya. Peneliti juga menemukan karakteristik komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi yang digunakan oleh orang tua dalam menyikapi hambatan yang terjadi dalam komunikasi dengan anaknya yang indigo.
Bertilik tolak dari penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada anggoa keluarga khususnya orang tua agar lebih menggunakan pola komunikasi yang baik kepada anak-anaknya khususnya anak indigo. orang tua juga sebaiknya bertindak sesuai dengan perannya, memberikan pendidikan serta orang tua harus pengertian dan perhatian kepada anak-anaknya khususnya anak indigo agar anak tersebut dapat bersosialisasi dengan masyarakat serta agar bisa menjadi anak sepertia apa yang orang tua harapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: pembimbing : Agoes M. Moefad
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi; Anak Indigo
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 06:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10796

Actions (login required)

View Item View Item