BAURAN PEMASARAN DAN TREN PEMANFAATAN PRODUK TABUNGAN DI BNI SYARIAH CABANG SURABAYA

Anggraeni, Ryan (2013) BAURAN PEMASARAN DAN TREN PEMANFAATAN PRODUK TABUNGAN DI BNI SYARIAH CABANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Data penelitian terhimpun dari hasil wawancara secara langsung dengan consumer sales head, financing head, dan customer service yang menangani pemasaran produk di BNI Syariah cabang Surabaya dan yang bertemu langsung dengan nasabah saat nasabah akan membuka tabungan atau melakukan transaksi yang tidak bisa dilakukan di bagian teller yang didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat. Selanjutnya, penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Bauran pemasaran di BNI Syariah yang terdiri dari 4P yaitu price, place, product, dan promotion, sudah diaplikasikan dalam strategi pemasarannya. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat pendekatan di bauran pemasaran, pendekatan terdapat dua kebijakan dari bauran pemasaran yang dominan kebijakan place dan promotion. Hal ini disebabkan karena faktor price ditentukan dari BNI pusat. Sama halnya dengan price, faktor product juga tidak termasuk yang dilakukan oleh BNI Syariah Cabang Surabaya dikarenakan dengan alasan yang serupa. Sedangkan tren pemanfaatan produk tabungan di BNI Syariah cabang Surabaya menunjukkan peningkatan jumlah nasabah, terlihat dari data jumlah nasabah pengguna produk tabungan yang semakin banyak dari tahun 2005 hingga April 2013.
Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan tren pemanfaatan produk tabungan dalam kurun waktu dari tahun 2005 hingga 2013. Dalam menawarkan produk jasa berupa tabungan, pihak bank hendaknya melakukan promosi dengan lebih beragam dan inovatif agar nasabah lebih tertarik dan tahu akan produk tabungan yang ada di BNI Syariah Cabang Surabaya tersebut. Pihak bank juga hendaknya melakukan semacam kotak saran untuk mengetahui apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan oleh nasabahnya agar nasabah lebih puas dengan produk yang digunakan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sirajul Arifin
Uncontrolled Keywords: BNI Syariah
Subjects: ?? EKs ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2013
Last Modified: 04 Apr 2015 03:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

View Item View Item