TAHLIL ATSAR TADAHUL AL LUGHAH AL MAHALLIYAH 'ALA ASALIBI TARJAMAH AL LUGHAH AL 'ARABIYAH FI MADRASATI "AL ISLAMIYAH" AL MUTAWASSITHATI AL ISLAMIYAH AENGPANAS PRAGAAN SUMENEP MADURA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahliyatun, Sahliyatun (2016) TAHLIL ATSAR TADAHUL AL LUGHAH AL MAHALLIYAH 'ALA ASALIBI TARJAMAH AL LUGHAH AL 'ARABIYAH FI MADRASATI "AL ISLAMIYAH" AL MUTAWASSITHATI AL ISLAMIYAH AENGPANAS PRAGAAN SUMENEP MADURA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Bahasa arab merupakan bahasa paling penting bagi umat beragama, khususnya agama islam. Karena bahasa arab adalah bahasa syari’at islam dan simbol peradaban islam. Maka memahami bahasa arab adalah termasuk dari kewajiban agama, karena ia menjadi perantara untuk memahami ajaran islam yang di kutip dari Al-qur’an dan hadits serta kitab-kitab klasik yang ditulis dengan bahasa arab. Demikian juga, wajib belajar dan mengajarkannya. Dan merupakan bagian dari tujuan mengajarkan bahasa arab yaitu beberapa kemampuan berbahasa khususnya kemampuan menerjemah.Terjemah merupakan memindah bahasa yaitu dari satu bahasa kedalam bahasa yang lain baik berupa tulisan atau lisan, dan memindah pemikiran kebahasaan yang mempengaruhi penerjemah baik bahasa lokal resmi maupun tidak resmi sehingga penerjemah itu tidak bebas dari pengaruh bahasa lokal. Kemudian sangat membutuhkan kemampuan khusus menerjemah dari bahasa arab ke dalam bahasa lokal atau sebaliknya.Dari permasalahan diatas, diperlukan penelitian dan Objek penelitian yang akan diteliti oleh penulis adalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-islamiyah aengpanas pragaan sumenep madura. Rumusan masalah yang digunakan oleh penulis secara terperinci terbagi menjadi tiga : 1) bagaimana kemampuan terjemah siswa di Madrasah tsanawiyah Al-islamiyah aengpanas pragaan sumenep madura?; 2) bagaimana pengaruh bahasa lokal terhadap gaya terjemah bahasa arab di Madrasah tsanawiyah Al-islamiyah aengpanas pragaan sumenep madura?; 3) apa faktor yang mempengaruhi siswa Madrasah tsanawiyah Al-islamiyah aengpanas pragaan sumenep madura dalam menerjemah bahsa arab?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara dan observasi. Aktivitas dalam analisis data dengan mereduksi data, penyajian data secara sistematis, dan penarikan kesimpulan.Setelah peneliti melakukan penelitian, maka Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan siswa Madrasah Tsanawiyah Al-islamiyah aengpanas pragaan sumenep madura masih mendasar. Karena 1) mereka mempelajari bahasa arab hanya pokok-pokoknya saja tujuannya yaitu hanya untuk memahami pelajaran-pelajaran islam. 2)Pengaruh bahasa lokal terhadap gaya penerjemahan siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-islamiyah aengpanas pragaan sumenep madura itu dalam aspek ungkapan lafadz, ungkapan pengucapan, susunan kebahasaan, dan pengambilan kata. 3) Sedangkan faktor yang mempengaruhi bahasa lokal terhadap gaya menerjemah siswa itu karena bahasa lokal merupakan bahasa ibu, bahasa lokal merupakan bahasa interaksi dan bahasa lokal itu merupakan bahasa pendidikan dan pembelajaran, maka dari itu bahasa lokal menjadi pengaruh dalam penerjemahan Madrasah Tsanawiyah Al-islamiyah aengpanas pragaan sumenep madura.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahliyatun, SahliyatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: analisis; bahasa lokal; gaya terjemah bahasa arab.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sahliyatun Sahliyatun
Date Deposited: 23 Aug 2016 07:30
Last Modified: 23 Aug 2016 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item View Item